PENGARUH PERSEPSI PADA SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE-KECAMATAN BENGKALIS KABUPATEN BENGKALIS

Ahmad Ilham, Zulfan Saam, Mahdum Mahdum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel (1) persepsi pada sertifikasi terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) persepsi pada sertifikasi guru dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Responden penelitian adalah seluruh guru yang telah tersertifikasi diSMP Negeri se-Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Dalam penelitian ini sampelnya adalah sampel jenuh, karena semua guru yang telah tersertifikasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis.Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi pada sertifikasi guru terhadap kinerja guru sebesar 0,435, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja kerja terhadap kinerja guru sebesar0,341. Sedangkan secara bersama-sama terdapat pengaruh persepsi pada sertifikasiguru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar0,490.

Keywords


Persepsi pada Sertifikasi Guru; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu M. 2006.Manajemen sumber Daya Manusia.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Direktorat Jenderal PMPTK. 2008.Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2008;.Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta. Jakarta : Depdiknas

E, Mulyasa, 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hadari Nawawi. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hamzah B. Uno, 2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Jones, J., Jenkin, M., & Lord, S. 2006. Developing Effective Teacher Performance. New Delhi: SAGE

Kartini, Kartono.2005. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers

Mansur Muslich. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta : Bumi Akasara

Martinis, Yamin. 2006. Sertifikasi Profesi keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press

Mathis,Robert L. John H Jackson. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit : Salemba Empat

M. Uzer Usman. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ondi Saondi dan Aris Suherman, 2012, Etika Profesi Keguruan. Bandung : PT. Refika Aditama

Supriadi Rustad, dkk, 2012 Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Di Rayon LPTK. Jakarta; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.1.p.1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.