KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PROFESI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN LIMAPULUH KOTA PEKANBARU

Novfelaningrum Edjuista, Azhar Azhar, Nurpit Junus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi variabel (1) kompetensi pedagogik terhadap komitmen profesi guru, (2) iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru, (3) kompetensi pedagogik dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap komitmen profesi guru. Responden penelitian adalah 136 orang guru PNS, tersebar pada 17 unit Sekolah Dasar Negeri, diperoleh dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan tes sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,366, dan terdapat kontribusi secara signifikan antara iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,580. Sedangkan secara simultan terdapat kontribusi kompetensi pedagogik dan iklim organisasi terhadap komitmen profesi guru sebesar 0,600

Keywords


Kompetensi Pedagogik; Iklim Organisasi; Komitmen Profesi Guru

Full Text:

PDF

References


Algesindo Usman, (2001). Menjadi Guru Professional. Bandung : PT. Remaja rosdakarya

Andre Hardjana. (2006). Iklim Organisasi: Lingkungan Kerja Manusiawi. Jurnal Ilmu Komunikasi (Volume 3 Nomor 1). Hlm. 1-36.

Caldwell J. Brian & Jim M. Spink (1991). The Self Managing School. Philadelpia: The Falmer Press.

Kusmaningtyas,Amiartuti (2013). Pengaruh Kompetensi, Kepemimpinan diri, Sisterm Penghargaan, Lingkungan kerja terhadap komitmen profesi dan Profesionalisme Guru SMA Negeri di Bali. e-jurnal Volume 9 Nomor 2.

Nawari, Hadari (1997) Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung

Mada Sutapa. (2002). Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.

Mulyadi, Asep (2011). ada kontribusi kompetensi pedagogik dan iklim organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian tersebut dilakukan pada guru-guru SD di Bekasi. e-jurnal Volume 7 Nomor 1.

Supriadi, Dedi (1999). Mengangkat Citra Nusa dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya

Kartono, Kartini (1997). Tinjauan Politik Mengenai Sistem Pendidikan Nasional, Beberapa Kritik dan Sugesti, Jakarta: Pradnya Paramita

Kreitner, Robert &Kiniki Angelo (2003.) Perilaku Organisasi, Buku I, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyasa, E (2007) Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT

Pidarta, Made. (1988). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Bina Aksara.

Riduan (2003). Skala pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Robbins dan Judge (2009). Organizational Behavior. Edisi 13. Pearson Education, Inc. New Jersey

Sahertian dan Aleida Sahertian (1990), Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education; Jakarta. Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful (2009) Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan dan Masyarakat dalam Manejemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sinarta, I made (2014). Determinasi Sikap Professional, Kompetensi Pedagogik Dan Persepsi Pada Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Komitmen Profesi Guru. Penelitian Tersebut Dilakukan Pada Guru-Guru Se-Gugus Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 5.

Sitohang, Sabar (2015). Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. E-jurnal volume 2 Nomor 2.

Sopiah, (2008). Prilaku Organisasi. CV. Andi Offset :Yogyakarta. hlm. 130

Soetopo, Hendyat (2013). Perilaku Organisasi, Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono, (1999) Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta

Suharsaputra, Udar, (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung. PT. Rafika Aditama, Bandung,.hlm. 82.

Suprihatiningrum, Jamil (2013). Guru Profesional, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Victy Vidaya Viqraizin (2015) . Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru sekecamatan Godokusuman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan. Volume IV. Nomor 16.

Wina Sanjaya, (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta.: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.1.p.93-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.