POLA PEMBINAAN DAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN DAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI SEKECAMATAN UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU, RIAU

Dian Tri Andini Lubis, M. Nur Mustafa, Gimin Gimin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pola Pembinaan dan Pengawasan kepala Sekolah Terhadap Disiplin dan Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknis analisis jaur (path analysis). Adapun variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah (X) sedangkan variabel terikatnya adalah Disiplin (Y1) dan Kinerja Guru (Y2). Populasi penelitian adalah guru SMP Negeri Kecamatan Ujungbatu berjumlah 107 orang dan sampel 50 orang. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah memberikan pengaruh langsung secara signifikan terhadap Disiplin Guru sebesar 2,1%. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Kinerja guru sebesar 6,55%, dan Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru sebesar kontribusi 24,1%. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa Disiplin Guru memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 10,95%.

Keywords


Pola Pembinaan dan Pengawasan Kepala Sekolah; Disiplin Guru; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (1996) Penilaian Program Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bina Aksara

Bacal, R. (2001) Performance Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Bacal, Robert (2000). Performance Management , dialih bahasakan oleh Surya Dharma dan Yanuar Irawan, Jakarta. Gramedia

Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto, M (1998). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1989). Pedoman Umum Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Menengah. Jakarta: Balai Pustaka

Dyah Ayu Lestari. (2006). Penciptaan system penilaian kinerja yang efektif dengan assessment centre. Jurnal management. Vol. 6 No. 1. H. 24

Engkos Achmad K. (2008). Cara menggunakan dan memakai Analisis Jalur. Bandung: ALFABETA.

Fadilla, A (1996). Disiplin Kerja, Buletin Psikologi UGM, IV (2). 32-42

Flippo, Edwin B. (1970). Personel management, singapura: Mc Hraw Hill company singapure national printers.

H. Malayu Sp Hasibuan (2002). Manajemen sumber daya dasar dan kunci keberhasilan. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ismail. Maya (1980). Manajemen kepegawaian. Jakarta: Depdikbud

Lazaruth. S. (1984) Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

LLPM. (1994) Kamus Istilah Manajemen, Jakarta: Gramedia

Margareth Attwood & Staur Dimmock (1994). Manajemen personalia. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pamudji, S. (1993). Kepemimpinan Pemerintahan Di Indonesia, Bandung: Bumi Aksara

Purwanto, M.N (1998). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Purwanto, M.N dan Sutadji, D. (1986) Administrasi Pendidikan. Mutiara Sumber Widya

Rivai, V (2004) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam profesi Pendidikan.Bandung. Alfabeta.

Sahertian, P.A (1981). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sanita Permata. (2012). Pengaruh pengendalian internal dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan SPBU Yogyakarta. Jurnal Nominal. Vo. 1 No. 1 h. 4

Simon & Schuter. (1994), Human Resource Management for southeast Asia. Singapura: Prentice Hall

Slamet, P. (2000). Karakteristik Kepala Sekolah Yang Tangguh. Jurnal pendidikan Jilid 3. No. 5

Soebagyo Brotosedjati (2012). Pengaruh supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru SD Negeri di kecamatan Sukoharjo. Jurnal pendidikan dan kebudayaan. Vol. 18, No 3. h. 232

Soetopo, H. & Sumanto, W. (1998) Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Sugiyono, (2008). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA.

Suharsimi Arikunto (2004). Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: PT. Rineka

Supardi (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

William B. Werther Jr & Kieth Davis (1996). Human Resources and Personal management. New York:McGraw-hill

Yusuf (1989). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.183-196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.