PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MODERATING TATA USAHA TERHADAP KUALITAS SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU

Priza Mimi Haryanti, Mashad Mashadi, Hadriana Hadriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan moderating oleh Tata Usaha Terhadap Kualitas Sekolah. Melalui penyebaran angket kepada 96 sampel guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis Moderated Regression Analysis (MRA). Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 23%, manajemen berbasis sekolah (X2) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 27,2%, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 42,7%, manajemen berbasis sekolah (X2) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 44%, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan manajemen berbasis sekolah (X2) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 39,8%.

Keywords


Kepemimpinan; Transformasional; Kepala Sekolah; Manajemen Berbasis Sekolah; Tata Usaha; Mutu Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amin, MS. 2015. Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Siswa di MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak. Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Walisongo Universitas Negeri Walisongo.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan ; Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Girsang, Ermawati. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transfromasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Pada SMA Swasta Di Kota Bandung (Studi Pada SMA Swasta Di Kota Bandung). Bandung. Abstrak e-jurnal repository.upi.edu.

Kapiso, Rifkandi. 2014. Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMAN 3 Gorontalo. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2, Nomor 2: 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah ; Pengelolaan Ketata Usahaan Sekolah. Jawa Tengah: Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia.

Maris, intan Silvana., Dkk. 2016. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Bandung: Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 23, Nomor 2:173.

Minarti, Sri. 2012. Manajemen Sekolah ; Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riduwan. 2015. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management In Education. Yogyakarta. IRCiSoD.

Sumarno. 2015. Pengaruh Pembiayaan, Kepemimpinan, Sarana Pembelajaran dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Pekanbaru. Pekanbaru. Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Suparlan. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah: dari Teori sampai dengan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Wahyudi. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah, Pelaksanaan TU Terhadap Kualitas Pendidikan SD/MI Depok Sleman. Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 2, Nomor 2: 250.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.237-248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.