ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN IKLIM SEKOLAH YANG DI MODERATING OLEH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SMA NEGERI 8 KOTA PEKANBARU

Shelvie Famella, Mashadi Mashadi, Gimin Gimin

Abstract


Sesuai dengan hipotesis yang diajukan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh kompetensi pedagogik dan iklim sekolah yang dimoderating oleh supervisi akademik terhadap mutu sekolah di SMA Negeri 8 di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah 80 responden yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrumen penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik (X1) mempengaruhi mutu sekolah (Y) sebesar 20,3%, iklim sekolah (X2) mempengaruhi mutu sekolah (Y) sebesar 10,8%, kompetensi pedagogik (X1) dimoderasi variabel supervisi akademik (Z) mempengaruhi mutu sekolah (Y) sebesar 33,3%, iklim sekolah (X2) dimoderasi variabel supervisi akademik (Z) mempengaruhi mutu sekolah (Y) sebesar 25,4%, kompetensi pedagogik (X1) dan iklim sekolah (X2) dimoderasi variabel supervisi akademik (Z) mempengaruhi mutu sekolah (Y) sebesar 28,7 %.

Keywords


Kompetensi Pedagogik; Iklim Sekolah; Supervisi Akademik; Mutu Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani et all. 2015. Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Abdullah, Ma’aruf. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dantes, Rihendra et all. 2014. Determinasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru SD Negeri di Gugus IX Kecamatan Abiansemal Badung. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 5 Juli 2014, Hal 15

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Multivariete.Universitas di Ponegoro ED.8.

Lesmono, Eko. Pengaruh Keikutsertaan Diklat dan Supervisi Terhadap Kompetensi Pedagogik dengan Motivasi Berprestasi sebagai Moderatingnya pada Guru SD di Kecamatan Bringin. Bringin.

Paningkat, Ambarita. 2013. Pengembangan Desain Supervisi Akademik Berbasis Manjemen Pendidikan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007. Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 63 tahun 2009 tentang mutu pendidikan

Priansa, Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. 2015. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarno. 2015. Pengaruh Pembiayaan, Kepemimpinan, Sarana Pembelajaran, dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Pekanbaru. Pekanbaru. Universitas Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.259-272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.