KONTRIBUSI KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KABUPATEN ROKAN HILIR

Dheny Kusdyantoro, Syakdanur Syakdanur, Nurpit Junus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kohesivitas kelompok dan komunikasi interpersonal, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Rokan Hilir dengan subjek penelitian adalah guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional. Populasi adalah semua guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah yang berjumlah 133. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 100 dengan cara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian kuesioner dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan valid dan reliabel. Validitas butir diuji dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan koefisien reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi yang signifikan kohesivitas kelompok terhadap komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, yaitu sebesar 34,5%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan komunikasi interpersonal terhadap komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, yaitu sebesar 25,7%; dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan kohesivitas kelompok dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, yaitu sebesar 40%. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi perbaikan dan peningkatan komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dengan cara meningkatkan kohesivitas kelompok dan komunikasi interpersonal.

Keywords


Kohesivitas Kelompok; Komunikasi Interpersonal; Komitmen Organisasi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta, (2009).

Budyatna, M., Ganiem. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, (2014).

Chary, L.S. Artikel Seputar Komitmen Organisasi. Jurnal Fakultas Psikologi UI. 08 September 2002. Diakses 29 Juni 2015 dari http://staff.ui.ac.id

Colquitt, J.A., Lepine., Wesson. Organization Behavior, Improving Performance and Communication in the Workplace. New York: McGraw-Hill, (2009).

Effendy, O.U. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, (2007).

Friedkin, Noah E. Social Cohesion. Annual Review of Sociology. Vol. 30. 2004. Diakses 28 Juni 2015 dari http://www.annualreviews.org

Gibson., Ivancevich., Donnelly. Organisasi Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga, (1985).

Harapan, E., Ahmad. Komunikasi Antar Pribadi Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, (2014).

Ignatius, W. Dasar-Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi, (2005).

Ivancevich., Konopaske., Matteson. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga. (2006).

Lunandi, A.G. Komunikasi Mengenai Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius, (1994).

Luthans, F. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Penerbit Andi, (2006).

Martika, I.D. Studi Deskriptif Kohesivitas Kelompok Karyawan di Yayasan Nurul Hayat Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2. No.2. 2013. Diakses 28 Juni 2015 dari http://journal.ubaya.ac.id

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, (2014).

Robbins., Judge. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat, (2015).

Santosa, S. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara, (2012).

Sopiah. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi, (2008).

Suciati. Komunikasi Interpersonal Sebuah Tinjauan Psikologis dan Perspektif Islam. Yogyakarta: Mata Padi Presindo, (2015).

Sudarmanto. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Jogyakarta: Pustaka Pelajar, (2014).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, (2009).

Suharsono., Dwiantara. Komunikasi Bisnis Peran Komunikasi Interpersonal dalam Aktifitas Bisnis. Jogyakarta: CAPS, (2013).

Supranto, J. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta, (2001).

Suranto, A.W. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Trihapsari, V.R., Nashori. Kohesivitas Kelompok dan Komitmen Organisasi Pada Financial Advisor Asuransi “X” Yogyakarta. Jurnal Proyeksi. Vol.6 (2). 20 Desember 2011. Diakses 21 Juli 2015 dari http://jurnal.unissula.ac.id

Trisnaningsih, S. “Pengaruh Komitmen Terhadap Kepuasan Kerja Auditor: Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur).” Tesis, Universitas Diponegoro, (2001).

Walgito, Bimo. Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi, (2010).

Warjiyem. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Komitmen Organisasi di SMA Kecamatan Rumbai Pesisir.” Tesis, Universitas Riau, (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.26-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.