KONTRIBUSI ETOS KERJA DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI SELAT PANJANG

Eka Saputra, Suarman Suarman, Daeng Ayub Natuna

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi etos kerja dan motivasi guru terhadap kinerja guru SMP Negeri di Selat Panjang. Penelitian ini bersifat kuantitatif sampel penelitian 75 guru, dan data dikumpulkan dengan memberikan angket. Data yang dianalis menggunakan statistik deskriptif dan inperensial. Hasil penelitian adalah didapatkan kontribusi yang segnifikan antara variabel etos kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Selat Panjang, dan diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel motivasi guru terhadap kirenja guru SMP Negeri di Selat Panjang. Selain itu terdapat kontribusi yang signifikan antara variabel etos kerja dan motivasi guru terhadap kinerja guru SMP Negeri di Selat Panjang. Temuan ini menyimpulkan bahwa semakin baik persepsi guru terhadap etos kerja dan motivasi guru maka kinerja guru SMP Negeri di Selat Panjang semakin baik. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan kinerja guru dalam melaksanakan kewajiban ketika melakukan kegiatan pembelajaran dan membina peserta didik di sekolah.


Keywords


Kinerja Guru; Motivasi Kerja; Etos Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdul Azizi Al – Khayyath. (2004). Etika Bekerja dalam Islam, Terjemahan Mohammad Nurhakim. Jakarta. Gema Insane Press

Achmadi, U. F., (2013). Kesehatan masyarakat teori dan aplikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Arep, Ishak dan H. Tanjung. (2003). Manajemen motivasi. Jakarta. Grasindo.

Atmodiwirio Soebagiodan dan Ardadizya Jaya. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta.

Daeng Ayub Natuna. (2016). Kontribusi Akuntabilitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Penerapan Nilai Kewirausahaan di SMA Negeri Tambang, Kabupaten Kampar. Pekanbaru. Pascasarjana Universitas Riau.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). 2005. Undang – undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Departemen Pendiidkan dan Kebusayaan. 1993. Kamus Besar Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

E – journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (volume 4 tahun 2013)

Echols, John M. Dan Shandlly Hasan. (2009). Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia.

Jamaludin dkk. (2015). Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Jurnal Ekonomsi, Bisnis & Enterepreneurship Vol. 5, No.2, Oktober 2011, 97-107 ISSN 2443 – 0633

Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vo. X, No.1, Tahun 2012.

Kartasapoetra dan M.M. Sutedjo. (1995). Teknologi Konservasi Tanah dan Air. Bina Aksara.

Koentjaraningrat., (1980). Sejarah teori antropologi I (Edisi ke 1). Jakarta. UI-Press.

Lubis, Mochtar. (1997). Sastra dan Tekniknya. Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.

Mitchel,T.R dan Larson. (1987). People and Organization; An Introduction to Organizational Behavior. Sinagpore. Mc Graw Hill Inc.

Muahimin. (2005). Islam dan etos kerja, tinjauan politik dalam alquran & pemninaan budaya , diaolog dan transformasi. Yogyakarta. Lesfi.

Panji Anaraga. (2001). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Ravianto. S. (1995). Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Jakarta. Group Gramedia.

Robbins, Stephen.P. (2000). Perilaku Organisasi. Jakarta. PT.Indeks Gramedia

Riduwan., (2005). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung. Alfabeta.

Riduwan., (2012). Belajar mudah penelitian: untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. CV Alfabeta. Bandung

Riduwan dan Sunarto., (2011). Pengantar statistika: untuk penelitian pendidikan, sosial, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

S. Nasution. (2000). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Sergiovanni, Thomas. J.et.al. (1987). Educational Govermance and Administration. New jersey. Prentice Hall Inc.

Sinamo H. Jansen. (2009). 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta. Institusi Darma Mahardika.

Sinamo, Jansen. (2011). Delapan Etos Kerja Profesional. Jakarta: Institut Mahardika.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Sutarjo. (1991). Dasar-dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta. Gajah Mada Univesity Press. Cet III.

Tabrani Rusyan dkk. (2000). Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru. Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta

Tabrani. (2008). Etos Kerja Dalam Meningkatkan Produktifitas Kinerj Guru. Jakarta. PT. Intimedia Ciptanusantara.

Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Zulvy Suhardi. (2015). Pengaruh etos kerja terhadap kinerja guru di smk pgri 2 cimahi. Universitas pendidian indonesia repository.upi.edu

Sugiyono., (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono., (2012). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono., (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Syofian Siregar., (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Nanang Martono., (2011). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.43-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.