PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA PEKANBARU

Jumia Elvita, Sumarno Sumarno, Rusdi Rusdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Transfromasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang guru kelas 6 di 30  Sekolah Dasar Negeri Se-Kota Pekanbaru yang diperoleh dari teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian pada persamaan struktural pertama menunjukkan bahwa: 1)Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolahberpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru; 2) Kompetensi Pedagogik berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru; 3)  Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Kerja Guru. Hasil uji persamaan struktural kedua menunjukkan hasil bahwa: 1)Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah  tidak berpengaruh secara langsung terhadap Mutu Pendidikan; 2) Kompetensi Pedagogik tidak berpengaruh secara langsung terhadap variabel Mutu Pendidikan; 3) Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan; 4) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik,  dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hasil uji koefisien jalur menunjukkan bahwa: 1) interaksi antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan; dan 2) interaksi antara Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan.

Keywords


Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah; Kompetensi Pedagogik; Motivasi Kerja Guru; Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Agustina. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press.

Febrina, Yeni. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sman 1 Tambang Kabupaten Kampar.http://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1615/Jurnal%20Yeni%20Febrina.pdf?sequence=1

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapsari, Wahyu Fitri. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Tingkat Gaji Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Purworejo. Fakultas EkonomiUniversitas Negeri Yogyakarta.

Kuncoro, Achmad, Engkos, dan Riduan. (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: CV Alfabeta.

Marinković, Snežana , Dragana Bjekić and Lidija Zlatić. (2012). Teachers' Competence as the Indicator of the Quality and Condition of Education. Paper as the part of the project OI 179029 which is finnanced by the Ministry of Education and Science of Republic of Serbia.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Setiyati, Sri. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, MotivasiKerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2014.

Setiawan, Bahar Agus & Abd.Muhith. (2013). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarno S. (2017). The Influence of Cost of Education to the Quality of High School in Pekanbaru, Indonesia.In Proceedings of the 2nd International Conference on Economic Education and Entrepreneurship - Volume 1: ICEEE, ISBN 978-989-758-308-7, pages 707-713.

Umar, Husein. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Zubaidah, Siti. (2015). Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikandi SMK N 1 Pabelan.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.54-67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.