KONTRIBUSI KECERDASAN SPIRITUAL DAN AKUNTABILITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KECAMATAN TUALANG SIAK

Rianda Putra, Daeng Ayub Natuna, Murni Baheram

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi  kecerdasan spiritual dan akuntabilitas kepala sekolah terhadap kinerja guru olahraga dan untuk mengetahui dan menganalisis variable yang paling berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru olahraga sekolah menengah pertama (SMP) Kecamaan Tualang, Siak. Populasi adalah seluruh guru olahraga sekolah menengah pertama (SMP) yang jumlahnya sebanyak 50 orang. Untuk pengambilan sampel penelitian, peneliti menggunakan tabel isaac dan Michael maka sampel penelitian adalah 47 orang dengan teknik pengambilan sampel yakni metode acak (simple random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui kuisioner (questionaire).Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, juga menggunakan analisis statistik infrensial. Dari hasil penelitian dapat didapatkan kontribusi yang signifikan antara variabel kecerdasan Spirtual (X1) terhadap Kinerja Guru Olahraga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, Siak dan besarnya kontribusinya 40,30% dengan tafsiran rendah. Selanjutnya diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel Akuntabilitas Kepala Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru Olahraga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, dan besar kontribusinya 46,30% dengan tafsiran sedang. Kemudian Diperoleh kontribusi yang signifikan antara variabel Kecerdasan Spiritual (X1) dan Akuntabilitas Kepala Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru Olaharaga (Y) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Tualang, dan besar kontribusinya 76,00% dengan tafsiran tinggi.

Keywords


Kinerja; Kecerdasan Spiritual; Akuntabilitas Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadim dan Arfan. (2001). Kepemimpinan berbasis multiple intelligence (sinergi kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual untuk meraih kesuksesan yang gemilang). Bandung : Alfabeta.

Byars, L.L & Rue, L.W. (1991). Human Resource Management.Boston : Richard. D. Irwin, Inc.

Mardiosmo. (2009). Akuntabilatas Sektor Publik. Yogjakarta : Alfabeta.

Nasution.(1987). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bina Aksara.

Sugiyanto, Dkk. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suharso. (2001). Melejitkan IQ, IE, & IS. Jakarta: Inisiasi Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Rajawali Pers.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. (2005). SC : Spritual Capital. Bandung : Mizan Media Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.76-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.