PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP 4 KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Taromi Taromi, Hasnah Faizah AR, Caska Caska

Abstract


Penelitian  ini dilakukan pada SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja dan komunikasi terhadap kinerja guru SMP Negeri 4 di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.Populasinya adalah semua guru SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar yang berjumlah 76 orang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara simple random sampling (acak sederhana) dengan menggunakan rumus sloviin. Jumlah sampel pada penelitian iniberjumlah64 orang guru di SMP 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dan pengolahan data menggunakan uji regresi linier berganda.Berdasarkan hasil uji olah data dengan menggunakan uji regresi linier berganda dapat disimpulkan, yaitu: Disiplin kerja mempunyai peranan yang sangat kuat dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, komunikasi mempunyai peranan yang sangat kuat dalam peningkatan kinerja guru SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, disiplin kerja dan komunikasi  secara bersama-sama mampu meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Keywords


Disiplin; Komunikasi; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik danModel Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka cipta.

Dwi Agung Nugroho Arianto. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, Vol 9, No 2. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia.

Eka Permata,Hasnah Faizah dan Maruzki. (2107). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru SMP Se-Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.2 No.3. Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Riau.

Fitria, Hasna Faizah dan Azhar. (2016). Hubungan antara Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 2 No.3. Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Riau.

Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara.

Hendri Susanto. (2014). Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dan Kompetensi dengan Komitmen Organisasi Guru SD Swasta Gugus I Rayon KecamatanPayung Sekaki. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 2 No. 3.Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Riau

Mangkunegara. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhlisin. (2009). Profesionalisme Kinerja Guru Masa Depan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pace dan Faules. (2008). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rivai. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan.Jakarta: Rajawali Pers.

Schermenharn, J.R. (2003). Manajemen (Edisi Bahasa Indonesia). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sedarmayanti. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Thoha miftah. (2008). Manajemen Kepegawaian Sipil Indonesia. Jakarta: Kencana.

Wibowo. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.83-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.