PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNIVERSITAS RIAU

Yusniar Harahap, Makhdalena Makhdalena, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan akademik dan sarana prasarana pendidikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Riau, semester VI TP. 2017/2018 yang berjumlah 1.215 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 301 orang diperoleh dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Bentuk data dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh melalui kuesioner yang bersumber dari mahasiswa FKIP Universitas Riau. Metode analisis data dari penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akademik dan sarana prasarana pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa baik secara simultan maupun secara parsial.


Keywords


Kualitas Pelayanan Akademik; Sarana Prasarana Pendidikan; Kepuasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agus Widodo., dkk., (2016), Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi RTS (Rail Ticketing System) Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Penumpang “Kai” Ekonomi Operasi 4 Semarang), Media Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 31, No. 2 Juli 2016, hal. 160-181.

Aida W Batubara., Paham Ginting., Arlina Nurbaity Lubis., (2014), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan Fisip USU, Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 14 No. 02 Oktober 2014, ISSN: 1693-7619, hal. 191-202.

Bambang Darmawan., (2016), Pengaruh Layanan Pembelajaran, Sarana-Prasarana, Kerjasama Institusi, Dan Pemasaran Lulusan Terhadap Kepuasaan Siswa, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXIII, No.1 April 2016, hal. 146.

Dela Purwandani., Cici Sutarsih., Sururi., (2016), Pengaruh Mutu Layanan Sarana dan Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, Jurnal ADPEND, hal. 80-90.

Embun Fajarwati., (2015), Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan Pada PT Kimia Farma Di Apotek Kimia Farma, Paradigma, Vol. XVII, September 2015, hal. 14-21.

Firima Zona Tanjung., (2016), Analisis Sarana Dan Prasarana Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Akreditasi Di Kota Tarakan, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No.2, Oktober 2016, P-ISSN: 2303-288X, hal. 809.

Halimah., Munir., (2013), Pengaruh Mutu Layanan Guru dan Biaya Pribadi Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMP Swasta Sekota Tasikmalaya, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XV11, No. 1 Oktober 2013, hal. 40-50.

Kurniasih., dkk., (2013), Pengaruh Kelengkapan Sarana Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajas Matematika Siswa SD Negeri Kelas V, portal garuda, hal. 2.

Megasari., (2014), Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014, Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan, hal. 637.

Nurdin., (2014), Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Konsumen Terhadap Keputusan Membeli WIFI PT. Telkom di Kabupaten Bekasi, Vol. XI, No. 2 September 2014, hal. 198.

Utami Dewi Nastiti., (2015), Pengaruh Layanan Mengajar Dosen dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Universitas Pasundan, Jurnal Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Vol. XXII, No.1 April 2015, hal. 1-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.116-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.