HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ADMINISTRASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA KARYAWAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Makmuri Makmuri, Gimin Gimin, Wilson Wilson

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara pengetahuan administrasi dan komunikasi dengan kinerja karyawan di Politeknik Negeri bengkalis secara parsial maupun bersama-sama. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan administrasi denganĀ  kinerja karyawan, terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja karyawan dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan administrasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Politeknik Negeri Bengkalis berjumlah 58 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Politeknik Negeri Bengkalis berjumlah 51 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan angket model skala Likert. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Pengetahuan Administrasi dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Pengetahuan Administrasi dan Komunikasi Interpersonal secara bersama-sama dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis

Keywords


Pengetahuan Administrasi; Komunikasi Interpersonal; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Abizar. (1998). Komunikasi Organisasi. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Tenaga Kependidikan.

Abdul Ghani Abdullah, Rahman Abd. Aziz. (2009). Mengurus Tingkah Laku. Pelajar. Kuala Lumpur : PTS Professional.

Agus M. Hardjana. (2003). Komunikasi Intarapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta : Kanisius.

Alo Liliweri. (2002). Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta : LKIS Yogyakarta.

Ana Susana. (2007). Kontribusi pengetahuan administrasi dan kepemimpinan kepala madrasah terhadap motivasi kerja guru MTsN di Kabupaten Kediri.

Andry Mochamad Ramdan. (2011). Pengaruh Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Terhadap Kinerja (Survei Terhadap Pegawai Negeri Sipil di Organisasi Perangkat Daerah Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat)

Anwar Prabu Mangkunegara. (2004). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung : PT Remaja rosdakarya.

Arni Muhammad. (2009). Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Aswathappa. Sadhna Dash. (2008). International Human Resource Management Text and Cases. New Delhi : Tata McGraw-Hill.

Badri Munir Sukoco. (2007). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta. Erlangga.

Christina Lia Uripni. Untung Sujianto, Tatik Indrawati. (2003). Komunikasi Kebidanan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Effendi, O.U. (1993). Psikologi Manajemen & Administrasi. Bandung : PT Mandar Maju.

Farida Hanun, (2010). Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Pengetahuan Manajemen dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Survey di Madrasah Tsanawiyah/MTs di Kota Bekasi).

Handoko. (1995). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.214-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.