PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MORAL KERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR RIAU

Suharti Suharti, B. Isyandi B. Isyandi, Zulkifli N Zulkifli N

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan meneliti pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Moral Kerja Guru Di SD Negeri Kecamatan Salo  Kabupaten Kampar Riau. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1).  Terdapat  pengaruh positif Kecerdasan Spiritual terhadap Moral Kerja dengan koefisien korelasi  = 0,316, persamaan regresi Ŷ = 86,612 + 0,015X1.   2).  Terdapat pengaruh positif antara Kompetensi Sosial  terhadap Moral Kerja dengan koefisien korelasi  =  0,411, persamaan regresi  Ŷ = 45,873 + 0,444X2. Dan  3). Terdapat pengaruh positif  antara Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial terhadap Moral Kerja Guru pada SD Negeri Kecamatan Salo, dengan koefisien korelasi = 0,432, dengan persamaan regresi   Ŷ = 52,792+ 0,128 X1+ 498 X2. Sabjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Se-Kecamatan Salo,  populasi 240 orang  dengan menggunakan  simple random sampling (secara acak) maka diperoleh sampel 150 orang guru.  Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket (quisioner), untuk menguji hipotesis digunakan uji validitas dan reliabelitas.Hasil analisis  menunjukkan bahwa Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial secara positif berpengaruh terhadap Moral Kerja  pada Guru di SD Negeri Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau adalah sebesar 18,7%.Kesimpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kecerdasan Spiritual dan Kompetensi Sosial terhadap Moral Kerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Salo Kabupaten Kampar Riau

Keywords


Kecerdasan Spiritual; Kompetensi Sosial; Moral Kerja

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, dkk., (2011), Kepemimpinan dan Kecerdasan Spiritual, Ar Ruzz Media, Jakarta.

Agus Efendi., (2005), Revolusi Kecerdasan Abad 21, Bandung.

Alderfer., (2009), Pembinaan Moral Kerja Guru Sekolah Dasar, diakses 10 Mei 2011.

Ary Ginanjar Agustian., (2001), Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ, Arga, Jakarta.

Dina Sartika., (2007), Peran Moral Kerja, dalam jurnal Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Universitas Bandung, Bandung.

Firdaus Abdillah., dalam jurnal Kompetensi Sosial Guru.

Hamzah.B.Uno., (2007), Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis Dibidang Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Ibrahim Bapadal., (2004), Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Iswahyudi., (2009), Pengaruh Kompetensi Manajerial, dalam jurnal Kinerja Pimpinan, Universitas Islam Indonesia, Jakarta.

Karmila., (2009), Kecerdasan Spiritual dengan Pendidikan Karakter Di SD. Negeri, Universitas Negeri Malang, Malang.

Kunandar., (2010), Guru Profesional, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Masnur Muslich., (2008), KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyasa., (2007), Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru, Rosdakarya, Bandung.

Riduwan., (2005), Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula, Alfabeta, Bandung.

Sardiman., (2004), Interaksi dan MotivasiBelajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siswanto Sastrohadiwiryo., (2005), Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional, Bumi Aksara, Jakarta.

Sonya Sofiana., (2011), Moral Kerja Guru Dalam Mengajar Di SD. Negeri, Universitas Negeri Padang, Padang.

Sudarwan Danim., (2003), Motivasi Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.274-285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.