PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN REWARD TERHADAP KEJENUHAN KERJA GURU HONOR SD NEGERI SE-KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Yulmaidar Yulmaidar, Makhdalena Makhdalena, Wusono Indarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan reward terhadap kejenuhan kerja guru honor SD Negeri Se-Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah 196 orang, sedangkan sampel penelitian sebanyak 131 orang. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara silmultan terdapat pengaruh negatif kepercayaan diri (X1) dan reward (X2) terhadap kejenuhan kerja (Y) guru sebesar 72,7%. Sedangkan secara parsial kepercayaan diri (X1) berpengaruh negatif terhadap kejenuhan kerja (Y) guru sebesar 48,5%, dan reward (X2) berpengaruh negatif terhadap kejenuhan kerja guru sebesar 4,5%.

Keywords


Kepercayaan Diri; Reward; Kejenuhan Kerja

Full Text:

PDF

References


Cullen F. Bruece Barash G. Paul, Robert K. Stoelting, Michael K. Cahalan, M. Christine Stock dan Rafael Ortega., (2013), Clinical Anesthesia, Seventh Edition Lippincott Williams & Wilkins

Dhian Zusmiasih Widiastuti dan Kamsih Astuti., (2010), Hubungan antara Kepribadian Hardiness dengan Burnout pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Psikolog, Fakultas Psikologi. Unibersitas Mercu Buana. Yogyakarta

Diah Restuning Maharani., (2011), Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Burnout Pada Guru Sekolah Dasar Negeri X Di Kota Bogor, Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma, Depok.

Direktorat PSMP., (2014), Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Gilbert Reyes, Joh D. Elhal, dan Julian D. Ford., (2008), The Encyclopedia of Psycological Trauma. John Weley & Sons. Inc. New Jersey Canada.

Jarot Wijanarko., (2005), Mendidik Anak. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Ramon Diaz., (2007), Hubungan Burnout dengan Motivasi Berprestasi Akademis pada Mahasiswa yang Bekerja. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Gunadarma. Depok.

Riduwan., (2005), Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung Alfabeta.

Sugiyono., (2010), Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung

Ulfiani Rahman., (2007), Mengenal Burnout pada Guru. Lentera pendidikan, Edisi X, No. 2 hal 218

Wanabakti Anggih P. dan Nelman Dwihardo H., (2011). Pengaruh Pelatihan Penerapan SOP, Reward System, Lingkungan Kerja dan Peralatan terhadap Produktivitas Teknisi. Tugas Akhir. Jurusan Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Hasanuddin. Makasar




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.7.2.p.286297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.