IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Afrizal Padri, Gimin Gimin, Zulirfan Zulirfan

Abstract


Pendidikan karakter bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Implementasi pendidikan karakter harus didukung oleh semua pihak termasuk lembaga pendidikan SMAN di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang “Implementasi pengembangan karakter dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 SMAN di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar”, meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, pengawasan, serta hasil dan kendala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam pemerikasaan keabsahan data menggunakan teknik derajat kepercayaan, keralihan, kebergantungan, kepastian. Tenik analisa data mengikuti flow model Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian pada tataran perencanaan adalah perangkat pembelajaran yakni silabus dan RPP. Pada tataran pengorganisasian yakni pembagian jam pelajaran dan tugas tambahan guru. Pada tataran implementasi yakni implementasi RPP yang didalamnya terdapat lima nilai karakter (religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, integritas) pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Pada tataran pengawasan yakni evaluasi sikap, pengetahuan, kerampilan. Pada tataran hasil merujuk pada standar kompetensi lulusan serta pada tataran kendala terdapat berbagai macam kendala yang dijumpai saat kegiatan pembelajaran.

Keywords


Implementasi, Pengembangan Karakter, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo., (2013), Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Pustaka Pelajar, Jakarta, http://pendidikan islam ghozali.blog spot.com/2016/01/pendidikan karakter-dalam-kurikulum-2013.html [diakses-tgl:16-03-2019_jam:10.55]

A Syarbini. (2012)., Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta, Asa-Prima Pustaka dalam Syaiful Islam., Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 (jurnal Edureligia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017, Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

Arie Budhiman., (2017), Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.pdf [diakses-tgl: 21-05-2019 jam: 15.28]

Asmaran AS., (2002), Pengantar Studi Akhlak, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Bimo Walgito (2004). Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM, http lib.untidar.ac.idwp-content uploads 2017 01 Pendidikan- Karakter-dalam- kurikulum. Pdf [diakses-tgl:9-05-2019_jam: 22.53].

Deddy Mulyana., 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja RosdaKarya, Bandung.

Djumali Erlina Wijayanti., Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 di SMK Batik 1 Surakarta, (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 28, No.1, Juni 2018, p-ISSN: 1412-3835; e-ISSN: 2541-4569).

E Mulyasa., (2012), Manajemen Pendidikan Karakter, PT Bumi Aksara, Jakarta

Eneng Martini., Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21, (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 3, No. 2, Juli 2018, ISSN 2527-7057 (Online), ISSN 2545-2683 (Print)

Isjoni dan Murni Baheram., (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan, Cendidkia Insani, Pekanbaru.

Julia Sari Murni., (2018), Analisis Penggunaan Smartphone Siswa Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi XI IIS 1 SMAN 01 TOHO (Artikel Penelitian), Pontianak, Universitas Tanjung Pura [diakses-tgl-14-09-2019_jam: 16.49].

Muhammad Busro dan Suwandi., (2017). Pendidikan Karakter, Media Akademi, Yogyakarta

Muchlas Samani dan Hariyanto., (2011), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Remaja Rosdakarya, Bandung, http://pendidikan islam ghozali. blog spot. com/2016/01/pendidikan karakter-dalam-kurikulum-2013.html [diakses-tgl:16-03-2019_jam:10.55].

Muhamad Ridwan., (2012). Menyemai Benih Karakter Anak, http lib. untidar. ac. idwp-content uploads 201701 Pendidikan-Karakter dalam-kurikulum.pdf [diakses-tgl:9-05-2019_jam:22.53].

Muhammad Anis Matta., (2003). Membentuk Karakter Islam. Jakarta, Al-I’tishom Cahaya Umat http lib.untidar. ac. idwp-content uploads 201701 Pendidikan-Karakter dalam-kurikulum.pdf [diakses-tgl:9-05-2019_jam:22.53].

Mulyatiningsih Endang., (2012), Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung, Alfabeta, dalam Suhendri., 2017, Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di SMA Islam Terpadu (SMA-IT) Bangkinang, (Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, ISBN: 2502-9487, ISSN: 2502-9487, PPS Universitas Riau, Pekanbaru).

Nur Rohman., Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter di SD (Studi di SD UT Bumi Kartini Jepara–Kudus), (Jurnal 11 april 2018, ISBN: 978-602-1180-70-9, Prosiding Seminar Nasional).

Rusman., (2012), Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono., (2018), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabeta, Bandung.

________ (2013), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung.

Suhendri., (2017), Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di SMA Islam Terpadu (SMA-IT) Bangkinang, (Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, ISBN: 2502-9487, ISSN: 2502-9487, PPS Universitas Riau, Pekanbaru).

Syaiful Islam., Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013, (jurnal Edureligia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017, Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo).

Syaiful Sagala., (2009), Kemampuan Guru Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta, Bandung.

Taqiudin Zarkasi dan Al Kusaeri., Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah, (Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang kerang Volume I Tahun 2018 No 3 ISSN : 2502 – 2474 EISSN : 2614 – 161).

Teguh Triwiyanto., (2014), Pengantar Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Tohirin., (2012), Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tri Yunita Raharjo., Pengaruh Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa (Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies IJCETS 6 (1) (2018): 22-32, p-ISSN 2252-6447 e-ISSN 2527-4597)

Widodo., (2004), Cerdik Menyusun Proposal Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta, Kelopak Magna dalam Suhendri., 2017, Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di SMA Islam Terpadu (SMA-IT) Bangkinang, (Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, ISBN: 2502-9487, ISSN: 2502-9487, PPS Universitas Riau, Pekanbaru).

Wina Sanjaya., (2008), Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta.

Yuver Kusnoto., Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan, (Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 4, No. 2, Desember 2017, ISSN 2407-5299, Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116)




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.14-27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.