IMPLEMENTASI PROGRAM KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI DAN SWASTA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

Agus Purnomo, Sumardi Sumardi, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui konsistensi terhadap standar pengelolaan MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir, (2) Untuk mengetahui pemanfaatan sumberdaya dalam MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir, (3) Untuk mengetahui aktifitas dan komunikasi dalam MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir,(4) Untuk mengetahui pola pelaksana MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta  Kabupaten Indragiri Hilir, (4) Untuk mengetahui dukungan Pemerintah dan Kepala Sekolah terhadap MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir,(5) Untuk mengetahui respon implementor MGMP Fisika di SMA Negeri dan SMA Swasta Kabupaten Indragiri Hilir. Responden penelitian adalah pengurus  dan beberapa anggota MGMP Fisika SMA di Kabupaten Indragiri Hilir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Konsistensi terhadap standar MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir Komunitas MGMP Fisika di SMA Negeri dan SMA Swasta Kabupaten Indragiri Hilir sudah baik karena sudah konsisten terhadap juknis dan standar operasioanal MGMP. Namum ada standar operasional yang belum dipedomani dengan baik,(2) Pemanfaatan sumberdaya dalam MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir Komunitas MGMP Fisika SMA di Kabupaten Indragiri Hilir sudah baik dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di SMAN 1 Tembilahan dan SMAN 1 Tembilahan Hulu, (3) Aktifitas dan Komunikasi dalam MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta tingkat Kabupaten Indragiri Hilir sudah terlaksana dengan baik yakni dalam penyampaian informasi baik pesan, ide, gagasan dilakukan secara verbal maupun dengan berbasis alat komunikasi, (4) Pola pelaksanaan kegiatan MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir sudah baik dengan pola pelaksanaan dilaksanakan secara rutin setiap bulan. , (5) Dukungan Pemerintah dan Sekolah terhadap MGMP Fisika SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir sudah baik karena dalam pelaksanaan MGMP Fisika selalu mendapat dukungan dari Sekolah berupa bantuan dana kegiatan MGMP Fisika yang bersumber dari dana bantuan operasional sekolah, (6) Respon implementor terhadap program PKB melalui MGMP Fisika di SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Indragiri Hilir belum memasukan materi pembuatan artikel ilmiah, buku teks, modul pembelajaran dan karya inovatif.


Keywords


Program Keprofesian Berkelanjutan; Musyawarah; Guru Mata Pelajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Arwildayanto, Suking. A dan Sumar. W.T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoritis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: Cendikia Press

Asneta Aneta. (2010). Implementasi Kebijakan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kota Gorontalo. Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1 Thn. 2010.

Barella, Y. (2014). The Roles of English Teacher working Group to suppurt teacher profesional development. Surakarta: UNS

Deddy Mulyadi. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Eko Putro Widoyoko. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eko Siproyanto. (2015). Analisis Pengembangan Profesionalisme Guru Berkelanjutan di SMKN 2 Sragen. http: core.ac.uk.download/pdf/148609671/pdf

Hasbullah, M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Helmi, YF. (2018). The strategy in improving english teachers’ profesionalism trough MGMP. Journal Teachers in the Digital Age, III, 345.

Ika Devi Pramudiana. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuha Khusus di Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5 No.1 Januari 2017

Kemendiknas. (2010). Pedoman Pengelolaan Pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jakarta: Direktur Jendral PMPTK.

Komara. E dan Anang Mauludin. (2016). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Bandung: Refika Aditama

Mulyasa. (2017). Uji Kompetensi Guru dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nanang Priatna dan Titi Sukamto. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurkolis. (2017). Efektifitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. http://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/971

Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birikrasi Nomor 16 Tahun 2009 Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Purwoko, A. (2017). Efforts in improving teacher’s competencies through collaboration between teacher forum on subject matter and pre-service teacher training institution. JPII from http://journal.unnes.ac.id

Rusdiana. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Rosihan Anwar. (2015). Pengaruh MGMP Terhadap Profesionalisme dan Kinerja Mengajar Guru. http.ejournal.upi.edu

Saud Syaefudin. (2017). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Solichin Abdul Wahab. (2011). Analisis Kebijakan Publik. Malang: UMM Press.

__________________. (2017). Analis dan Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Subarsono. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudrajat. (2017). Mengelola pengembangan keprofesian berkelanjutan. Bandung : Pustaka Setia

Surya, M. (2014). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Su’ud, U.S. (2017). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen. Jakarta.

Vera Talimbung dan Samsul Hadi (2014). An Evaluation of Physick Teacer Association Programs of Senior High School at Sleman District. Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol.2 No.02, 2014.

Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.28-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.