EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK SD MARGINAL DI TALANG SUNGAI PARIT KECAMATAN RAKIT KULIM

Edro Pedinata, M. Nur Mustafa, Sumardi Sumardi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada Sekolah Dasar (SD) Marginal Desa Talang Sungai Parit yang berlokasi di Dusun 2 Desa Talang Sungai Parit Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau. Tujuan Peneltian ini adalah untuk Mengevaluasi Efektivitas Implementasi Pendidikan Anak Marginal di Sekolah Dasar Marginal Desa Talang Sungai Parit. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penyelenggaraan pendidikan marginal di Desa Talang Sungai Parit Terutama Sekal disebabkan oleh faktor Ekonomi dan Kemampuan Daya serap terhadap bahan pelajaran. Sekolah marginal didirikan oleh Dinas Pendidikan berdasarkan usulan masyarakat dan bekerja sama dengan Sekolah Induk. Rekrutmen siswa sekolah marginal dilakukan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan Tokoh masyarakat. Guru akan melakukan survey untuk menentukan apakah anak tersebut layak masuk sekolah marginal atau tidak. Sarana dan prasarana SD Marginal berasal dari dana BOS Siswa. Dana BOS Ini diterima oleh sekolah Induk, SD Marginal hanya membuat perencanaan penyediaan sarana dan prasarana di ajukan ke Sekolah Induk. Hambatan utama dalam penyelenggaraan Sekolah Marginal siswanya sering absen dengan alasan karena bekerja membantu orang tua, sehingga siswa banyak yang tertinggal materi pelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan di SD Marginal. Diantaranya adalah meningkatkan disiplin siswa dengan memberikan mereka seragam sekolah. Berdasarkan pengamatan atas studi dokumen dan arsip hasil USBN dapat ditarik kesimpulan bahwa penyelenggaraan pendidikan di SD Marginal Sudah Efektif, karena dilihat dari nilai akhir, siswa tidaklah kalah nilainya dengan SD lainya dan tahun 2018 seluruh siswa dinyatakan LulusĀ  USBN

Keywords


Efektifitas; Implementasi; Marginal

Full Text:

PDF

References


Arif Rohman, (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Meidatama

British Broadcasting Company (BBC) Web, (2014). Murid minoritas di India hadapi diskriminasi BBC News Indonesia, 22 April 2014, pada URL: http://www. bbc.com/indonesia/ majalah/2014/04/140422_pendidikan_india_diskriminasi atau http://www.bbc.com/. Diakses pada Agustus 2014

Creswell, John, W.. (2011). Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan. Alih Bahasa: M. Diah. Pekanbaru: UMRI Press.

David Berry, (1982). Pokok-pokok pemikiran dalam Sosial. Terjemahan Paulus Wirotomo. Jakarta: Rajawali.

Jonathan Sarwono, (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu Juknis Pendidikan Perlindungan Anak Marjinal.2011.

Mulyasa. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursyal. (2007). Panduan dan Potret Pendidikan Anak Marginal; Upaya Mencerdaskan Anak Bangsa Sampai ke Pelosok Negeri. Pekanbaru: UNRI Press.

Noeng Muhadjir, (1993). Perencanaan dan kebijakan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jogyakarta: Reka Sarasin Solichin, Abdul Wahab, 2011, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Malang: UMM Press.

Tajhcan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Tata Mustasya, (2009). Janji Kampanye dan Kaum Marjinal, Demokrasi. Web Uni Sosial Demokrasi, http://www.unisosdem. org/article_detail.php?aid= 10857 &coid=3&caid = 31&gid=2, Mahasiswa University of Turin dan ITC-ILO

Tilaar H.A R., (2008). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.70-83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.