HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KETERLIBATAN KERJA DENGAN KOMITMEN GURU SMA NEGERI SEKECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Endang Siti Sundari, Isjoni Isjoni, Murni Baheram

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan Efikasi diri dan keterlibatan kerja dengan komitmen guru SMA Negeri sekecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kuantitatif pendekatan kuantitatif dengan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan survei, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instumen berupa kuisioner dengan 47 responden dari 90 guru yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dengan menggunakan skala rating yang terdiri dari lima alternatif jawaban, yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data diketahui bahwa, terdapat hubungan yang signifikan dari efikasi diri dan keterlibatan kerja dengan komitmen guru, baik sebagian maupun secara bersama-sama. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan komitmen guru dalam melaksanakan kewajibannya.


Keywords


Efikasi Diri; Keterlibatan Kerja; Komitmen Guru

Full Text:

PDF

References


Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. United States of America: W.H Freeman and Company.

Darwinanti. (2008). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan, Pt Perkebunan Nusantara III Sei Karang Galang.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta; Penerbit Andi

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta; Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.104-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.