PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN KEMUNING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

M. Didy Syaputra, Makhdalena Makhdalena, Sumarno Sumarno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi guru baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir berjumlah 62 Orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data premier yang bersumber dari guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi guru baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir.

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Motivasi Guru; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Adi Wahyudi, dkk. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Hal: 1-8. ISSN: 2252-6544.

Devi Esisna. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dan Program Pengembangan Tenaga Pendidik Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Gugus V Kecamatan Haraukabupaten Lima Puluh Kota. Dalam jurnal Menara Ekonomi, ISSN: 2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume III No. 6 - Oktober 2017

Diana Pramesti, dkk. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Dalam jurnal pendidikan IPS. ISSN: 2356-1807 Vol 5, No 1.

Endy Eros. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Dalam Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi Vol. 1 No. 1.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2014). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Laeli Mafudah. (2016). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia. P-Issn 2252-6544

Malayu S.P. Hasibuan. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Gunung Agung.

Mohamad Amir. (2017). Pengaruh Supervisi dan Kompensasi terhadap Kinerja yang di Mediasi Variabel Motivasi Kerja Guru SMA Negeri 1 Maumere. Dalam Jurnal Manajemen Bisnis. Volume 7 No. 02.

Mohammad Ramadona, Dkk. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Dalam Research and Development Journal of Education Vol. 3 No.1 Oktober 2016

Muhammad Ali Rifaldi. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di SMK Adb Invest Se-Kota Surabaya. Dalam jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, April 2014, hlm. 122-133

Piet A. Sahertian. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta. Rineka Cipta.

Richard L. Daft. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Selemba Empat

Syaiful Sagala. (2012). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.

Titin Eka Ardiana. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK Di Kota Madiun.Jurnal Akuntansi Dan Pajak Universitas Muhammadiyah Ponorogo. VOL. 17, NO. 02. Hal. 14-23. ISSN : 1412-629X.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.146-155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.