PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMAN 1 PEKANBARU

Maryatul Asyro, Rr. Sri Kartikowati, Marzuki Marzuki

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan dan fasilitas Perpustakaan terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitati.  Populasi penelitian adalah  siswa SMA N 1 Pekanbaru yang berjumlah 979 siswa. Penarikan sampel menggunakan  simple random sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 91 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner dan dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisa regresi berganda. Berdasarkan Hasil penelitian, menunjukkan bahwa dari persamaan regresi  berganda membuktikan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan variabel fasilitas perpustakaan  terhadap  kepuasan siswa. Dari Hasil pengujian uji t (Uji Partial) menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. variabel fasilitas perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan siswa. Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan berpengaruh secara bersama-sama (simultant) terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Kota Pekanbaru

Keywords


Kualitas Pelayanan; Fasilitas Perpustakaan; Kepuasan Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assegaff, Mohammad. (2009). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan” Jurnal EKOBIS, Vol. 10, No. 2 Tahun 2009.

Bafadal, Ibrahim. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta, Bumi Aksara

Danang, Sunyoto. (2015)., Manajemen Pemasaran Jasa,Yogyakarta: CAP.

Emmywati, (2016). Jurnal Pengaruh Kualitas Layanan Yang Terdiri Dari Kenyamanan, Keamanan, Kemudahan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Galeri Seni Dan Pusat Meditation Ponorogo Jawa Timur

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Lovelock, Christopher., Wirtz, Jochen., and, Mussry,Jacky. (2011). Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, dan Strategi (Perspektif Indonesia).Jakarta: Erlangga

Lupyoadi, Rambat, (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salemba Empat.

Mufid. (2011). Tesis Pengaruh Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Pemustaka: Studi Kasus Di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Wahyu. (2011). Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.

Prastowo, Andi (Ed). (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: DIVA Press.

Solomon, M.R. & Rabolt, N. (2009). Consumer Behaviour in Fashion, 2nd.Edition. USA: Prentice Hall

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2001) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar.

Supriyanto (Ed). (2006). Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2004). Strategi Pemasaran. Yogyakarta; Andi.

Tjiptono, Fandy & Candra, G. (2012). Service Management Meningkatkan Layanan Prima. Jakarta: Andi.

Utami, Pri dan Bakhtaruddin Nst. (2012). “Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDIT IQRA’ Kota Solok”. Dalam Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 1, No.1. Hal 272. Padang: Universitas Negeri Padang.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 tentang PerpustakaanSekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zeithaml, Valerie, Bitner, Mary & Gremler, Dwayne. (2009). Service Marketing. New York: The McGraw Hill Companies.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.156-167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.