IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Padila Katala, M. Nur Mustafa, Daeng Ayub Natuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan penilaian pendidikan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan dalam hal : 1) implementasi standar penilaian yang ditinjau dari pelaksanaan mekanisme, prosedur dan instrumen penilaian terhadap kompetensi siswa yaitu kompetensi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan serta keterampilan yang dilaksanakan oleh pendidik; 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi standar penilaian dalam meningkatkan mutu sekolah ditinjau dari penilaian kompetensi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, serta keterampilan oleh pendidik. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan telaah dokumen, observasi, dan wawancara. Pada tahap awal data diperoleh melalui telaah dokumen yang berkaitan dengan implementasi standar penilaian oleh pendidik dan selanjutnya dilakukan obsevasi dan wancara untuk menemukan data   yang tidak dapat diperoleh atau menguatkan data sebelumnya. Informan dalam penelitian unsur di sekolah yang dapat dijadikan sebagai sumber data, dalam hal ini kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa yang ada di SMAN 1 Tambang dan SMAN 2 Tambang. Jenis data yang diperoleh berupa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan implementasi standar penilaian oleh pendidik yang meliputi : mekanisme penilaian oleh pendidik, prosedur penilaian oleh pendidik dan instrumen penilaian oleh pendidik yang berkaitan dengan standar penilaian oleh pendidikan terlaksana dengan sangat baik merujuk pada permendikbud nomor 23 tahun 2016. Kesimpulan yang dapat diambil adalah implementasi standar penilaian oleh pendidik yang dilaksanakan di SMAN 1 dan 2 Tambang sudah optimal. Selain itu, perlu dilakukan sosialisasi tentang standar penilaian oleh sekolah agar kendala dalam implementasi dapat diperbaiki dalam rangka meningkatkan mutu sekolah

Keywords


Implementasi; Standar Penilaian; Mutu Sekolah

Full Text:

PDF

References


Angghi Dwi Putri Pratiwi. (2017). Analisis pemasalahan dalam penilaian pembelajaran di sekolah, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol. 2 No. 1 Th. Jan-Des 2017, Tanggal 16 September 2017, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dirman dan Cicih, (2014). Penilaian dan evaluasi dalam rangka implementasi standar proses pendidikan siswa, PT. Reneka Cipta, Jakarta.

Hari Setiadi, (2016). Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (166-178).

Hari Wahyono, (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar pada generasi milenial di era revolusi industri 4.0, Proceeding of Biology Education, (2019), 3(1), 192-201.

Nana Sudjana, (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pariang Sonang Siregar et al. (2018), Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penilaian autentik di SD Negeri 003 Rambah, Indonesian Journal of Basic Education e-ISSN 2615-8523 Vol. 1 Nomor 2 Juli 2018 Hal : 209 – 214.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Riant Nugroho, (2008). Public Policy (Teori kebijakan-analisis kebijakan-proses kebijakan, perumusan, implementasi, evaluasi, revisi, risk mangement dalam kebijakan publik, kebijakan sebagai the fifth estate-metode penelitian kebijakan), PT. Gramedia, Jakarta.

Rina Febriana, (2019). Evaluasi pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Saipul Anwar et al. (2016), Pelaksanaan standar penilaian oleh guru pendidikan agama islam di sekolah, Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 14 No. 2 - 2016.

Sugiyono, (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitaif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tuti Alawiyah et al, (2016). Kendala guru dalam menerapkan penilaian autentik di SD Kabupaten Pidie, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1 Nomor , Agustus 2016.

Yulianto Kadji, (2015), Formulasi dan implementasi kebijakan publik (kepemimpinan dan perilaku birokrasi dalam fakta dan realitas), UNG Press, Gorontalo.

Yuni Zahera, et al, (2017), Kendala guru dalam memberikan penilaian terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol 2 Nomor 1, Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.179-191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.