PENGARUH SERTIFIKASI PROFESI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI GUGUS FLAMBOYAN KECAMATAN BANGKINANG KOTA

Senja Nirwana Mayasari AS, Isjoni Isjoni, Hadriana Hadriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh sertifikasi profesi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Gugus Flamboyan Kecamatan Bangkinang Kota. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah guru SD Negeri yang berada di Gugus Flamboyan Kecamatan Bangkinang Kota yang berjumlah 54 orang dan semua diteliti. Metode penelitian ini menggunakan metode kuisioner (angket). Jenis data dari penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari guru SD Negeri di Gugus Flamboyan Kecamatan Bangkinang Kota Riau. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif maupun inferensial. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa sertifikasi profesi guru dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun secara parsial.

Keywords


Sertifikasi Profesi Guru; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. (2012). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Devito, A. Joseph. (1997). Komunikasi Antar Manusia Edisi Lima. Jakarta: Profesional Books.

Effendy, Onong. Uchjana. (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya Offeset.

Gibson, Ivancevich, dan Donelly. (2003). Organisasi dan Manajemen: Prilaku Struktur. Terjemahan Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Hajiandja, Marihot Tua Efendi. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Grasindo.

Hasibuan. M. S. P. (2001). Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2016). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Imam, Sentot Wahjono. (2010). Prilaku Organisasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi (terjemahan Yuwono dkk). Yogyakarta: Andi.

Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offeset.

Mulyasa, H, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian kinerja guru. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Muhammad, Arni. (2015). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. (2005). Komunikasi Efektif, Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: Alumni.

Payong, Marselus R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Rakhmat, Jalaludin. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda karya.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Robins, Stephan P. (2015). Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Shuck, Dale. (2012). Motivasi dalam Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sondang P, Siagian. (2006). Manajemen Simber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sopiah. (2008). Prilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Sutrisno, Edy. (2011). Budaya Organisasi. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Umar, Husen. (2008). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT.Gramedia.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20. tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Tahun 2003 Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunus. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartini Dewi, & Kristiawan muhammad. (2019, Juni 25). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Manajemen Pendidikan, 6 (1), 25-33. Juni 25, 2019.https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2276/1205

Murwati, Hesti. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), 1 (1). 12-21. 2013. https://www.academia.edu/7777858/PENGARUH_SERTIFIKASI_PROFESI_GURU_TERHADAP_MOTIVASI_KERJA_DAN_KINERJA_GURU_DI_SMK_NEGERI_SE-SURAKARTA

Melati, Fatiah Kharisma, Susilaningsih, & Sohidin. (2013, Juli). Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma N 5 Surakarta, Jupe UNS, 2 (1). 71-82. Juli, 2013 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2698/1881

Daud, Sinarta Karo-karo, & Auldruy, F. (2013, Juni). Pengaruh Pemberian Tunjangan Sertifikasi Gvuru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 1 (02). 10-3. Juni 1, 2013. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/329/298




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.1.p.42-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Jumped (Jurnal Manajemen Pendidikan) under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.