PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

Siti Rochani, Daeng Ayub Natuna, Miharty Miharty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi yang dilaksanakan di SMP Negeri Bandar Seikijang Kabupaten Pelalawan. Sampel penelitian adalah 42 orang guru, dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara efikasi diri dengan kepuasan kerja sebesar 17,50% dan masih terdapat 82,50% dipengaruhi oleh faktor lain, pengaruh antara kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja sebesar 36,90% dan masih terdapat 63,10% dipengaruhi oleh faktor lain,serta pengaruh antara efikasi diri dan kecerdasan sosial secara bersama-sama sebesar 38,70% dan masih terdapat 61,30% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa efikasi diri dan kecerdasan sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Semakin tinggi efikasi diri dan kecerdasan sosial seseorang, maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dirasakan, sebaliknya semakin rendah efikasi diri dan kecerdasan sosial seseorang maka akan semakin rendah kepuasan kerja yang dirasakannya. Penelitian ini diharapkan berguna untuk perbaikan atau peningkatan kompetensi profesional guru dalam melaksankan kewajibannya sebagai seorang pendidik.

Keywords


Efikasi Diri; Kecerdasan Sosial; Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Anita Lie., 2003, Cooperatif Learning: Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas, Gramedia, Jakarta.

Ardiansyah, Dani., 2015, Representative And Directive Act Used By Main Character in The Baytown Outlaw Movie, http://journal.edu.ardyansah.org/pub.html, diakses 10 Januari 2019.

Armstrong, Thomas., 2002, 7 Kind Of Smart (Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda berdasarka Teori Multiple Intelegence, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Astuti., 2015, Analisis Pengaruh Bahan Tambah Kapur Terhadap karakteristik RAP (Reclaimed Asphalt Pavement), Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Bandura, Albert., 1997, Self-efficacy - The Exercise of Control, New York, W.H. Freeman and Company.

Baron,R. A., & Byrne, D., 2003, Psikologi Sosial (10th ed.), Erlangga Jakarta.

Isjoni., 2015, Perencanaan Strategi Pendidikan, Cendekia Insani, Pekanbaru.

Luthans,Fred., 2008, Organizational Behavior. Boston: McGraw-Hill.

Lwin, May, dkk., 2008, Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan, Alih Bahasa oleh Christine Sujana, Jakarta.

Maslow, Abraham H., 2013, Administrasi Pendidikan Dan Manajemen Biaya Pendidikan, edisi revisi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Muhammad Yaumi, Ibrahim, Nurdin., 2013, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences), Prenadamedia Group, Jakarta.

Muhammad Yaumi., 2012., Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Dian Rakyat, Jakarta.

Muhammad Yaumi., 2013, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Robbins, S.P., 2007, Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia Jilid I, PT. Prenhalindo, Jakarta.

Safaria., 2005, Interpersonal Intelligence, Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak, Amara Books, Yogyakarta.

Sitti Hajjar, dkk., 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Rumah Kost, dalam E-Jurnal Matematika Vol. 1 No. 1: 25- 31.

Sopiah., 2008, Perilaku Organisasional, Andi Offset, Yogyakarta.

Sugiyono., 2014, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sutarto Wijono., 2010, Psikologi Industri dan Organisasi, Kencana, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.1.p.51-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Jumped (Jurnal Manajemen Pendidikan) under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.