IMPLEMENTASI MANAJEMEN LABOR BAHASA DI MAN 1 PEKANBARU

Suryo Pranoto, Isjoni Isjoni, Murni Baheram

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan Implementasi Manajemen Labor Bahasa di MAN 1 Pekanbaru dengan sub fokus penelitian adalah manajemen labor bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan implementasi manajemen laboratorium bahasa di MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan melibatkan beberapa informan antara lain: Kepala Madrasah, Kepala Labor Bahasa, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana (Waka Sapras) Kepala Tata Usaha (KTU), Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum (Waka Kurikulum), Guru dan Siswa. Instrumen peneliti ini adalah peneliti sendiri dengan menerapkan panduan wawancara, daftar periksa, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis lapangan dan analisi hasil dengan proses (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen laboratorium bahasa di MAN 1 Pekanbaru sudah memenuhi standar laboratorium bahasa, dimulai dengan fasilitas laboratorium yang sudah lengkap dan nyaman untuk digunakan. Laborataorium bahasa ini memiliki stuktur organisasi yang baik,dan banyaknya kegiatan bahasa yang dilakukan di laboratorium bahasa.

Keywords


Implementasi; Manajemen; Labor Bahasa, MAN 1 Pekanbaru

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2018. Manajemen Laboratorium Sekolah

Direktur Pembinaan Sekolah Pertama. 2014. Panduan Pemanfaatan dan Pengelolaan Laboratorium Bahasa PP No 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Nasional Pendidikan Pasal 43 ayat 1.

Permendiknas No 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sarana Laboratorium.

Saman, Muchlas dkk. 2009. Manajemen Sekolah

Pidarta, Prof. DR. Made 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia

Stoner, Freeman, and Gilbert. 1996. Manajemen jilid 1Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008, Jakarta: Pustaka

Purwanto Erwan Agus dan Diyah Ratih Sulistastuti, 2012. Implementasi Kebijakan Publik, Yogyakarta. Gava Media.

Gunawan Imam, 2015. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta. Bumi Aksara

Indrawati, 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Manajemen dan Bisnis Kovergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.1.p.59-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Jumped (Jurnal Manajemen Pendidikan) under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.