Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, faktor-faktor yang menjadi penghambat, dan dampak atas kebijakan pemerintah terhadap proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di SMPN Kecamatan Siak Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Penerapan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi terdapat tiga tahap diantaranya: Tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. 2) Faktor-faktor penghambat penerimaan peserta didik baru sistem zonasi diantaranya: Sosialisasi PPDB sistem zonasi yang dilakukan oleh dinas belum optimal, Kapasitas server website PPDB yang belum memadai, Jaringan internet disekolah tidak stabil, kadang-kadang lambat dan putus, Jaringan listrik mati dan tanpa adanya pemberitahuan dari pihak PLN, Peserta didik baru kebanyakan melakukan verifikasi pada detik-detik terakhir waktu verifikasi, Masih banyaknya calon peserta didik tidak bisa mendaftar secara online, Calon peserta didik baru beserta orang tua belum mengerti bagaimana proses dan caranya mendaftar PPDB sistem zonasi. 3) Dampak positif dari penerimaan peserta didik baru sistem zonasi diantaranya: Adanya pemerataan kualitas sekolah, peluang putera daerah untuk masuk ke sekolah terdekat lebih besar, jarak sekolah yang dekat dengan rumah sehingga bisa berjalan kaki atau bersepeda, dapat meminimalisir kemacetan, dan orang tua bisa memantau pergaulan anak anaknya. Dampak negatif dari penerimaan peserta didik baru sistem zonasi diantaranya: Peserta didik baru tidak bisa memilih sekolah yang berkualitas, dan motivasi belajar siswa yang rendah karena persaingan di dalam kelas sama dengan sewaktu di SD.
Keywords
Analisis; Penerapan; Kebijakan Penerimaan Pesera Didik Baru; Sistem Zonasi
References
Efendi, Arief Hdayat. 2016. Al-islam Studi Al-Quran. Yogyakarta: Deepublish.
Khadowmi, Eka. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Proses Penerimaan peserta Didik Baru Kabupaten Lampung Tengah. Lampung: Univesitas Lampung
Kristiawan, Mohammad,dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : CV Budi Utama
Nizarman. 2015. Manajemen Penerimaan Siswa Baru. Journal Manajer Pendidikan. Volume 9, Nomor 2, Maret.
Permendikbud No. 17 Tahun 2017
Sagala, Syaiful. 2013. Etika & Moralitas Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solichin, Mujianto. 2015. Implementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam. Volume 6, Nomor 2.
Sore, Uddin dan Sobirin. 2017. Kebijakan Publik. Makassar : CV Sah Media.
Suparman. 2019. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia
Undang-undang No.20 Tahun 2003, (Pasal 1 ayat 4)
.