PENGARUH PERILAKU GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI LINGKUNGAN YAYASAN PENDIDIKAN CENDANA PEKANBARU

Afridezi Afridezi, Fadly Azhar, Suarman Suarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu seberapa besar Pengaruh Perilaku Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain survey yang menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru di lingkungan Yayasan Pendidikan Cendana Pekanbaru yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proporsional ramdom sampling dengan jumlah sampel 59 orang.Teknik analisa data yang digunakan ada dua tahap yaitu: analisis deskriptif dan inferensial. Sebelumnya dilakukan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa Pertama perilaku guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Cendana. Besarnya pengaruh antara perilaku guru terhadap kinerja guru sebesar 51,5%. Kedua motivasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Yayasan Pendidikan Cendana. Besarnya pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 43,6%. Ketiga Besarnya pengaruh variabel perilaku guru dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru adalah sebesar 61,6%. Dengan demikian, Pengaruh variabel perilaku guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru tersebut berada pada tafsiran sedang. Kinerja guru menunjukkan hubungan positif dengan perilaku guru untuk meningkatkan kinerja guru perlu adanya pemberian arahan. Kinerja guru dapat ditingkatkan melalui perilaku guru yang suportif, partisipatif dilakukan dengan disiplin, pembawaan yang ramah. Pemberian motivasi kerja terhadap guru hendaknya menggunakan teori-teori pemberian motivasi kerja yang tepat dan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi yang sesuai dengan kondisi sekolah, karena pemberian motivasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pendidikan yang diberikan guru terhadap peserta didik, warga sekolah serta masyarakat.

Keywords


Perilaku Guru; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Apuanor, Mulyana Ningsih, Sudarmono, 2017. Sikap Guru Pemicu Munculnya Perilaku Negatif Siswa. Jurnal Paeda-gogie Vol V Nomor 1 ISSN 2656-4580

Gade, S. 2015. Kode Etik Pendidik Menurut Ibnu Jama’ah. Jurnal Pencerahan, 9(1), 23-36.

Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Bumi Aksara, Jakarta.

Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo. 2014, Teori Kinerja dan Penguku-rannya, Bumi Aksara, Jakarta.

Harbani, 2010, Kepemimpinan Birokrasi, Alfabeta, Bandung.

Ika Rahmawati, 2015. Pengaruh Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Ter-hadap Kinerja Mengajar Guru SMK di Kota Bandung, Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.N.E. Rohmawati, 2017. Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi di SD Negeri Kecamatan Ciamis), Jurnal Ilmiah Pascasarjana Administrasi Pendidi-kan Vol 5 No 1, Universitas Galuh.

Oktaviana, 2019. Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Per-ilaku Moral Pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, ISSN 2477-2992, Uni-versitas Negeri Yogyakarta.

Sedarmayanti, 2010. SDM dan Produk-tivitas Kerja. Mandar Maju, Ban-dung.

Silahuddin. 2016. Media Teknologi dan Implikasinya Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Circuit, 2(1), 199-207.

Susanna. 2014. Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi. Jurnal Mudarrisuna, 4(2).

Supardi, 2016. Kinerja guru. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sukarman, 2018. Pengembangan Model Kinerja Berdasarkan Faktor Penen-tu Kinerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Medan Kota, Jurnal Administrasi dan Manajemen, Uni-versitas Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.123-134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.