IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDIKNAS NOMOR 24 TAHUN 2008 TENTANG TENAGA ADMINISTRASI SMA DAN SMK NEGERI KOTA PEKANBARU

Ahmad Husaini, Azhar Azhar, Sumarno Sumarno

Abstract


Implementasi Kebijakan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Tenaga Administrasi SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru (Dibimbing oleh Dr. Azhar,S.Pd,M.T dan Dr. Sumarno,M.Pd,M.Si) Tesis Program Pascasarjana Universitas Riau 2020.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memperoleh informasi dalam pengimplementasian Kebijakan Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru. Penelitian ini memfokuskan pada pengkajian proses pengimplementasian Kebijakan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2008 tersebut .  Subfokus penelitian ini terdiri dari : 1). Proses komunikasi dalam implementasi kebijakan Permendiknas No 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru. 2).Kemampuan Sumberdaya dalam implementasi kebijakan Permendiknas No 24 Tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru. 3). Proses disposisi dalam implementasi kebijakan Permendiknas No 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru. 4). Kemampuan struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan Permendiknas No 24 tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru.Hasil yang dicapai dari penelitian ini bahwa Implementasi Kebijakan Permendiknas No 24 Tahun 2008 tentang tenaga administrasi  SMA dan SMK Negeri Kota Pekanbaru belum terimplementasi dengan baik secara keseluruhan, terutama pada kemampuan sumber daya dan struktur birokrasi, namun tidak menjadi halangan dalam pelaksanaan kebijakan, hal ini dapt dibuktikan dengan adanya kegiatan pelayanan keadministrasian disekolah sudah berjalan dengan baik.

Keywords


Implementasi; Kebijakan; Permendiknas; Tenaga Administrasi

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. In Kencana. https://doi.org/10.1002/jcc.21776

Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. (2017). Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15998

Lilis Suryani Octavia, & Siti Ina Savira. (2016). Gaya Kepimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.2674/jdmp.v1n1.p7-14

Mulyadi, Hoiriah, Deddy Supriadi, R. M. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Kursus Berbasis Web Pada Yayasan Musik Jakarta. Ijcit.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Patton & Sawicki . (1987). Basic Methods of Policy Analysis & Planning. New Jersey: Prentice-Hall.

Permendiknas Nomor 24 tahun 2008. (2008). [Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 Tahun 2016 Nomor 24 Lampiran 17]. Animal Genetics.

Pressman & Wildavsky . (1984). Aaron Implementation. California: University of California Press and Los Angles.

Rokhman, M. M., Wibowo, S. A., Pranoto, Y. A., & Widodo, K. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang. Jurnal MNEMONIC.

Suwitri, S. (2014). Konsep Dasar Kebijakan Publik Modul 1. Analisis Kebijakan Publik. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.atmosenv.2007.12.054

Winarno, B. (2002). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Presindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.135-147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.