PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, PELATIHAN, DAN SELF EFFICACY GURU BIMBINGAN KONSELING SMA KOTA PEKANBARU

Arfiyanti Agustina, Gimin Gimin, Rr. Sri Kartikowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh (1) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru bimbingan konseling, (2) pelatihan terhadap kinerja guru  bimbingan konseling, (3) self efficacy terhadap kinerja guru bimbingan konseling, dan (4) supervisi kepala sekolah, pelatihan, dan self efficacy secara bersama-sama terhadap kinerja guru bimbingan konseling SMA Kota Pekanbaru. Penelitian  ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling. Pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak dengan menggunakan teknik sampling random. Jumah sampel berjumlah 71 orang guru. Analisis data yang digunakan  yaitu analisis deskriptif, analisis statistik infrensial dan pengujian hioptesis.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan : (1) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 40,7%, (2) pelatihan terhadap kinerja guru sebesar 38,9%, (3) self efficacy terhadap kinerja guru sebesar 57,7%, (4) supervisi kepala sekolah, pelatihan dan self efficacy terhadap kinerja guru sebesar 28,5%. Variabel self efficacy memberikan sumbangan efektif terbesar di antara ketiga variabel bebas tersebut terhadap kinerja guru bimbingan konseling SMA Kota Pekanbaru. Hal ini berarti bahwa baik tidaknya kinerja guru bimbingan konseling SMA Kota pekanbaru dapat dipengaruhi oleh supervisi kepala sekolah, pelatihan, dan self efficacy.

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Pelatihan; Self-Efficacy; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad Maulid, 2016. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Pengembangan Tenaga Pendidik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta Di Kabupaten Limah Puluh Kota. Kepala Madrasah Ma'arif As-sa'diyah Payakumbuh. Jurnal Manajemen, kepemimpinan, dan supervisi.

Asifa Sopandi, 2019. Pengaruh Efikasi Diri dan Keterlibatan Kerja terhadap Kinerja Guru. Universitas Pendidikan Indonesia.

Atik Novitasari, dkk, 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Pendidikan, dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru. economic Education Analysis Journal. Universitas negeri Semarang. ISSN 2252-6544.

Bandura, Albert, 2009. Self efficacy in Changing Societies. Cambridge University Press. New York.

Bandura, Albert, 1997. Self efficacy The Execise of Control. W.H. freeman and Company. New York.

Edi Rismawan, 2015. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. XXII No. 1 April 2015.

Edi Supriyono, 2014. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD SeKecamatan Sewon Bantul Yogyakarta.

Farida Hanun, 2013. Pengaruh Efikasi Diri, iklim kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja kepala madrasah (survey di madrasah ibtidaiyah kota Bekasi). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Indri Novayanti gala, dkk, 2017. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru IPA di SMP se-Kota Poso. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 5 Nomor 2, April 2017 hlm 58-66. ISSN: 2302-2027. Poso

Jahangir.S.F, 2012. In Service Training: A Contributory Factor Influencing Teacher's Performance. International Journal of Academic Research in Progresive Education and Development. 1(1):32-37

Jusmaliani, 2014. Pengelolaan Sumber Daya Insani. Jakarta: Bumi Aksara

Dewi Herawaty, 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Partisipasi Guru dalam Forum Ilmiah, Keyakinan Diri dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika.

Leni Oktavia, 2018. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Self efficacy terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi sebagai variabel Intervening pada SMK Bina Karya 2 Karanganyar.

Gerson Salomo Kolondam, 2017. Pengaruh Kepemimpinan, Self efficacy dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 7 Manado.

Kurniadin, Didin, and Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan (Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Busro, 2018. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Prenada Media.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhammad Nisfiannoor, 2009. Pendekatan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Ngalim Purwanto, 2019. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto, dkk. 2017. Peningkatan Kinerja Guru melalui Pelatihan beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27 No. 2 Desember 2017.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Supardi, 2016. Kinerja Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo, 2011. Manajemen Kinerja. RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.148-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.