PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI SDN 011 TANJUNG PENYEMBAL KOTA DUMAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Firman Edi

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui persentase guru di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai yang memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran kecil sekali yaitu hanya 24,4%. Artinya sebanyal 75,6% guru di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai kurang memiliki keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan pengawas di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai dalam meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran adalah dengan melakukan kegiatan kerja kelompok. Sesuai dengan rumusan masalah dan hipotesis tindakan tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui kerja kelompok di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah model Kurt Lewin. Konsep pokok PTS menurut Kurt Lewin terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Hubungan keempat komponen itu dipandang sebagai satu siklus. Kesimpulan penelitian tersebut berdasarkan temuan penelitian bahwa pada pra siklus rata-rata keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran hanya 24,4%. Setelah dilaksanakan kerja kelompok pada siklus I, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran meningkat sebanyak 58,6%. Setelah dilakukan perbaikan tindakan dalam melaksanakan kerja kelompok pada siklus II, keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran semakin meningkat sebanyak 84,8%. Dengan demikian hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima yaitu “Ada peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran melalui kerja kelompok di SDN 011 Tanjung Penyembal Kota Dumai.

Keywords


Keterampilan Guru; Media; Kerja Kelompok

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

------------. 1990. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, R. dan Sukmadinata, Nana Syaodih. 1996. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Idris, Zahara dan Jamal, Lisma. 1992. Pengantar Pendidikan , Jakarta: Grasindo.

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin, 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

---------------, 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.182-192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.