KONTRIBUSI SELF EFFICACY DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU BK DI SMP KOTA PEKANBARU

Hera Yuliarnita, Daeng Ayub Natuna, Azhar Azhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kontribusi self efficacy dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru BK. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SMP Negeri Kota Pekanbaru yang berjumlah 82 orang dan semua diteliti. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder untuk yang diperoleh dari guru dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data untuk analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa adanya kontribusi yang signifikan antara variabel self efficacy (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap kinerja guru BK (Y) di SMP kota Pekanbaru

Keywords


Self Efficacy; Kecerdasan Emosional; Kinerja Guru BK

Full Text:

PDF

References


Abd. Madjid, 2016. Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru. Hlm 2.

Abd. Mukhid, 2009, Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan) Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN1907-672X;Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).

Daeng Ayub Natuna. 2016. Kontribusi Akuntabilitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Penerapan Nilai Kewirausahaan di SMA Negeri Tambang, Kabupaten Kampar. Pekanbaru: Pascasarjana Universitas Riau.

Daryanto dan Mohammad Farid, 2015. Bimbingan dan Konseling: Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta, Gava Media, hlm 123.

Hanung Sudibyo., 2018, Faktor yang mempengaruhi kinerja guru bimbingan dan konseling dalam publikasi ilmiah di SMP kabupaten Pekalongan, Prosiding Seminar Nasional BK 2018, Manajemen kependidikan Pasca Sarjana UNS, Semarang.

Heri., 2019, Manajemen Kinerja, PT Grasindo, Jakarta.

Leni Oktavia, 2018, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intevening Pada Smk Bina Karya 2 Karanganyar, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Putra Bangsa, Solo




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.193-205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.