PENINGKATAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR MENERAPKAN SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DI SEKOLAH

Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan sistem reward and punishment di SMP Negeri 1 Satu Atap Sungai Mandau. Subjek penelitian ini adalah 7 orang guru SMP Negeri 1 Satu Atap Sungai Mandau. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem rewarx and punishmet dapat meningkatkan kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas, dimana pada pelaksanaan pembelajaran pra-siklus pada pertemuan pertama semua Guru hadir tepat waktu, karena merupakan hari pertama sekolah untuk tahun pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I ada 5 orang Guru yang terlambat masuk mengajar di kelas, dan setelah pelaksanaan pembelajaran pada siklus II kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas mencapai 85% berdasarkan tanggapan responden (guru) mengenai penerapan sistem reward and punishment, sedangkan berdasarkan hasil observasi 74 % guru yang masih terlambat kurang dari 5 menit, karena lokasi yang sulit terjangkau.


Keywords


Disiplin Guru; Reward; Punsihment

Full Text:

PDF

References


Amstrong. Michael, (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrta:Ghalia Indonesia Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung:PT. Trigenda Karya

_______(2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin Cipta Karya

Departemen Pekerjaan Umum Edisi No. 6/IV/Juni 2006

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas

Hidayat, Sucherli. (1986). Peningkatan Produktivitas Organisasi dan Pegawai NegeriSipil: Kasus Indonesia, Jakarta:Prisma

Megawangi, Ratna. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta:Indonesian Heritage Foundation

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.9.2.p.216-224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.