PENGARUH MANAJEMEN LAYANAN DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA KOTA PEKANBARU

Iin Immawati, M. Nur Mustafa, Daeng Ayub Natuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen layanan dan self confidence terhadap kinerja guru bimbingan konseling di SMA kota Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling di SMA Kota Pekanbaru yang berjumlah 85 guru bimbingan konseling di SMA kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 guru bimbingan konseling di SMA kota Pekanbaru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling, karena pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ini. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer untuk variabel manajemen layanan dan variabel self confidence yang diperoleh dari guru dengan menggunakan kuisioner dan data sekunder untuk variabel kinerja guru dengan menggunakan nilai PKG guru bimbingan konseling di SMA kota Pekanbaru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan path analisis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen layanan dan self confidence berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru bimbingan konseling di SMA Kota Pekanbaru.

Keywords


Manajemen Layanan; Self Confidence; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abror Sodik, (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Asrullah Syam dan Amri, (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa( Studi Kasus Di Pogram Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah. Tesis

Budi Bowo Leksono, (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri Karangreja Kabupaten. Tesis

Diana Dewi Satria, Matin dan Maaruf, (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru SMP Swasta di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol 4, No.4,

Fattah, nanang. 2009. landasan Manajemen pendidikan, Bandung : Rosdakarya

Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Herlina Hasim, (2016). Manajemen layanan Bimbingan dan Konseling (Studi kasus di SMK Negeri 1 Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Tesis.

Mastuti. 2008. Kepercayaan diri. https://eprints.uns.ac.id/20980/3/BAB_II.pdf. Diaksestanggal 17 Juli 2016 Jam 09.00 WIB.

Nizam Pahlepi, (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Profesi dan Kepercayaan Diri Terhadp Kinerja Guru Madraasaah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung. Tesis

Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor

Rivai, H.V., & Sagala, E.J., (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Supardi, (2016). Kinerja Guru. Jakarta : PT. Raja Grafinda Persada.

Wiranegara, C. 2010. Total SelfConfidence. Yogyakarta : New Diglossia Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.48-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.