Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu seberapa besar Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kreativitas Guru terhadap Kinerja Guru Prakarya dan Kewirausahaan SMA Negeri dan Swasta seKota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain survey yang menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Populasi dari penelitian ini adalah guru-guru Prakarya dan Kewirausahaan sekota Pekanbaru yang berjumlah 197 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ramdom sampling dengan jumlah sampel 138 orang. Teknik analisa data dengan menggunakan perhitungan statistik inferensial. Sebelumnya dilakukan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa Pertama kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru PKWU SMA negeri dan swasta sekota Pekanbaru. sebesar 51,1%. Kedua kreativitas guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru PKWU SMA negeri dan swasta sekota Pekanbaru. sebesar 45,1%. Ketiga Besarnya pengaruh variabel kompetensi pedagogik dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru PKWU sekota Pekanbaru adalah sebesar 53,6%. Dengan demikian, Pengaruh variabel kompetensi pedagogik dan kreativitas guru terhadap kinerja guru PKWU tersebut berada pada tafsiran sedang. Untuk meningkatkan kinerja guru. kompetensi pedagogik yang harus dikuasai yaitu memahami karekateristik peserta didik, menguasai teori pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum serta melakukan pemebalajaran yang mendidik dan berkomunikasi dengnan peserta didik dengan baik sehingga memudahkan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Guru selalu belajar dan mencari solusi dalam memecahkan masalah yang berkaitan dalam pembelajaran. Kreativitas yang dimiliki oleh guru akan menemukan bentuk-bentuk mengajar yang sesuai, terutama dalam bimbingan, rangsangan, dorongan, dan arahan agar siswa dapat belajar secara efektif. Dalam mengajar dan membelajarkan peserta didik guru harus menampilkan kreativitasnya sehingga pembelajaran bermakna bagi peserta didik dan hal ini juga akan berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Keywords
Kompetensi Pedagogik; Kreativitas Guru; Kinerja Guru
References
Imam Wahyudi, 2012, Mengejar Profesionalisme Guru : Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional: Jakarta: Prestasi Pustaka
Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta. bermutuprofesi.org
Mulyasa. 2013, Uji Kompetensi dan Penilaian Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, Enco. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munandar, Utami. 2012. Kreativitas dan keberbakatan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Nisfiannoor, Muhammad.2009. Pendekatan Stantistika Modem Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tersedia pada: (http://unnes.ac.id/wp-content/uplouds/PP_74_Tahun_2008.pdf). Diunduh pada tanggal 26 Januari 2020
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yusuf Tri Herlambang. 2018. Pedagogik. Jakarta; Bumi Aksara
Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), 20-27.
.