PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS IV KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

Adam Suar, Caska Caska, Makhdalena Makhdalena

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode survey. Responden penelitian adalah guru SD Negeri Gugus IV Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru yang berjumlah 97 orang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket sebagai instrument penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru secara simultan sebesar 0,661 dan secara parsial berpengaruh positif sebesar 0,249 dan 0,646

Keywords


Supervisi Akademik Kepala Sekolah; Iklim Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Aedi Nur. 2014. Pengawasan Pendidikan Tinjauan dan Praktik. Jakarta : PT Raja Gravindo Persada

Aqib dan Rohmanto. 2008. Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhanuddin. (1994). “Analisis Administrasi manajemen”. Jakarta: Bumi Aksara.

Cook, Curtis W (2004). “Management and Organizational Behaviour. Boston:University of San Diego

Daryanto & Farid, Muhammad. 2013. Konsep Dasar Manajemen di Sekolah. Yogyakarta :Gava Media.

Faizah, Ani. 2014. Evaluasi Kebijakan Peraturan Disdasmen Muhammadiyah Tentang Kinerja Guru di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Vol. 2, No. 1

F Banddary Yohanes.(2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 6, No.1 halaman 1 Untan Pontianak

Hadari Nawawi(1981), Administrasi Pndidikan Jakarta: Gunung Agung. Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Bandung: PT Rineke Cipta.

Hasri, Salfen. 2004, Manajemen Pendidikan: Pendekatan Nilai dan Budaya Organisasi. Makassar :Yayasan Pendidikan Makassar BTN minasa Upa.

Hoy, Wayne K. & Cecil G. Miskel. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Prakti. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

IIndrafachrudi. 2010. Manajemen Sekolah (Teori Dasar dan Praktik dilengkapi dengan contoh Rencana Strategik dan Operasional). Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Pengembangan karir. Bandung: Refika Aditama.

Muhammad Idrus. (2006). Implikasi Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro (Vol.3 No. 1).

Mulyasa, E.. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta.Shuck, Dale. (2012). Motivasi dalam Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Purwanto, Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sahertian, Piet.A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Satori, D. (2014). Paradigma Baru Supervisi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu dalam Konteks Peranan Pengawas Sekolah dalam Otonomi Daerah. Bandung: APSI Provinsi Jawa Barat.

Simamora, Henry, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Yogyakarta: STIE YKPN

Sudjana, Nana. 2011. Supervisi Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Jawa Barat : Alfabeta. Supardi. (2016). "Kinerja Guru. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada.

Sutaryadi. 1993. Administratsi Pendidikan, Teori Riset Dan Praktis. Surabaya: Usaha Nasional.

Syaiful Sagala. (2013). “Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan” (Bandung: Alfa Beta).

Undang-Undang Republik Indonesia No.20. tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Tahun 2003 Jakarta: Depdiknas.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widoyoko, Putro, Eko. 2006. Analisis Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya Vol. 4 No. 7 Juni 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.2.p.192-198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.