PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAHTERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SMA/SMK KECAMATAN GUNUNG SAHILAN

Nelvita Nelvita, Rr. Sri Kartikowati, Daviq Chairilsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh kompetensi pedagogik guru, kepemimpinan kepala sekolah, terhadap kinerja mengajar. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMA/SMK se Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar dengan jumlah populasi  83 orang guru. Sampel diambil sebanyak 83 orang, penelitian ini meneliti seluruh populasi yang ada yang dikenal dengan istilah penelitian populasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan kepala sekolah, terhadap kinerja mengajar baik secara parsial maupun simultan. Dari hasil penelitian ini bahwa pengaruh secara simultan kompetensi pedagogik, kepemimpinan kepala sekolah, terhadap kinerja mengajar sebesar 56% sedangkan sisanya sebesar 44 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kompetensi Pedagogik; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Mengajar.

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, A., Nurdin, N., & Ali, M. 2021. Islamic Education Teacher Communication Strategy in Increasing Students'Learning Interest. International Journal of Contemporary Islamic Education, 3(1), 41-61.

Aulia Akbar.2021. Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru.Jurnal Pendidikan Guru.2(1):23- 30.

Cohn. Elchanan.1979. The Economics Of Education.Ballinger Publishing.USA Joseph Stiglitz.2004. Economy Growth and Education Policy. Kompas. Jakarta.

Kande, A.Fredrik .2011.Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kinerja Guru SMA/MA di Kabupaten Alor.Jurnal Kependidikan.41(2):175-84

Muliati.2001.Need analysis, situation analysis, planning goals and learning outcomes.Jurnal Universitas Bosowa. Makasar

Mulyasa, E.2002.Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.Bandung.

Nurdin, N., Pettalongi, S. S., & Mangasing, M.2021. Implementation of Geographic Information System Base On Google Maps API to Determine Bidikmisi Scholarship Recipient Distribution in Central Sulawesi Indonesia. Journal of Humanities and Social Sciences Studies, 3(12), 38-53.

Pemerintah Indonesia. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007, tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Lembaran RI Tahun 2007. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan : Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.Bandung.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Alfabet Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.2.p.148-160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.