PEMBINAAN GURU MELALUI KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SMP NEGERI DI KOTA BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

Rasuna Rasuna

Abstract


Judul Penelitian ini adalah Pembinaan Guru Melalui Kegiatan MGMP Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran SMP Negeri Kota Banjarmasin. Latar belakang dari penelitian ini, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih kurang dalam standar kompetensi guru, kurangnya kesadaran guru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri, kurangnya kesadaran guru dan mengelola kebijakan pendidikan untuk mengembangkan program MGMP, penguasaan dan penggunaan IT yang masih kurang, sarana dan prasarana dan pembiyaan masih terbatas, dan paradigma/mindset guru. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang (1) perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pembinaan Guru melalui kegiatan MGMP (2) Hasil pembinaan guru melalui kegiatan MGMP (3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan guru melalui kegiatan MGMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menemukan karakteristik esensial-holistik bertolak dari kondisi yang alamiah (natural setting). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah Koordinator MGMP, Ketua MGMP, Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas mata pelajaran.


Keywords


Pembinaan Guru; MGMP; Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal peningkatan mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional, Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan KKG/MGMP

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers. Cet. 19, 2011.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno, B. Hamzah. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.2.p.161-172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.