KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI SEKOLAH, DAN EFIKASI DIRI GURU DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SDN KOTA BANJARMASIN

Agustina Rahmi, Rasuna Rasuna, Sabariah Sabariah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, dan efikasi diri guru dengan motivasi kerja guru di SDN Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SDN Kota Banjarmasin, (2) terdapat hubungan langsung antara iklim organisasi sekolah dengan motivasi kerja guru di SDN Kota Banjarmasin, (3) terdapat hubungan langsung antara efikasi diri guru dengan motivasi kerja guru di SDN Kota Banjarmasin, dan (4) terdapat hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, efikasi diri guru dengan motivasi kerja guru di SDN Kota Banjarmasin.

Keywords


Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah; Iklim Organisasi Sekolah; Efikasi Diri Guru; Motivasi Kerja Guru

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self Efficacy –The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman & Company

Cushway and Lodge. 1995. Organizational Behavior and Design (terjemah). Jakarta: Elex Media Komputindo

Depdikbud. 1998. Manajemen Peningkatan Mutu dalam Suplemen 2 Pelatihan Kepala Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Ernest J and McCormick. 1958. Industrial Psychology. Englewood Cliffs: Prentice-Hall

Goleman, D. 2004. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta:Gramedia. Pustaka Utama.

Herzberg, Frederick, et.al. 1959. The Motivation to Work. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Higgins. 1994. Iklim Organisasi; Definisi, Pendekatan, Dimensi dan Faktor Yang Mempengaruhi Ikim Organisasi, Jurnal Manajemen Sumer Daya Manusia, Juni 2009.

Hoy, W.K & Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan : Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hoy, W.K., & Miskel, C.G. 1987. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: Random House, Inc.

Lazaruth, S. 1984. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisius.

Mangkunegara, A. 2010. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta: Eresco

Marno, dan Triyo Supriyatno. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, Refika Aditama, Bandung.

Mathis Robert L. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba: Jakarta

McLaughlin, G. L. 2001. Toward a descriptive stakeholder theory: An organizational life cycle approach. Academy of management review, 26(3), 397-414.

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah, konsep, strategi dan Implenetasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pasolong, H. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta

Puspendik. 2019. PISA. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Robbins, S.P., & Judge, T. A. 1996. Perilaku Organisasi. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sergiovanni, T.J. 1990. Supervision: A Redefinition. 5th Edition, New York: Mcgrath.

Stringer, R. 2002. Leadership and Organizational Climate: The Cloud Chamber Effect. New Jersey: Prentice Hall

Sunyoto, D. 2013. Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS

Usman, H. 2006. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wood, R. 1989. Effect of perceived controllability and performance standards on self-regulation of complex decision making. Journal of Personality and Social Psychology, 56(5), 805–814.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.10.2.p.108-119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.