IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH DARUL FALAH BENER MERIAH

Sari Kartika, Nurhayati Nurhayati, Fauzan Ahmad Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan mutu madrasah serta mendeskripsikan dampak manajemen pendidikan karakter terhadap peningkatan mutu madrasah di madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (MDTA) Darul Falah Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Bener Meriah. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer melalui kepala madrasah diniyah takmiliyah, wakil kepala madrasah, guru, orang tua santri di lingkungan madrasah, dan data sekunder yaitu data dalam kajian atau dokumen madrasah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif (interactive of analysis) dengan menggunakan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Perencanaan manajemen pendidikan karakter diawali dengan rapat perencanaan program pada awal tahun yang melibatkan semua komponen madrasah (2) Pengorganisasian dilaksanakan berdasarkan surat keputusan dari ketua yayasan kepada seluruh komponen madrasah, dengan memperhatikan jenis kegiatan, tempat kegiatan, waktu kegiatan, alasan kegiatan harus dilaksanakan, dan bagaimana pelaksanaanya. (3) Pelaksanaan Pendidikan karakter dilaksanakan secara integratif oleh seluruh komponen madrasah dengan menanamkan karakter pada aturan yang ditetapkan dalam tata tertib madrasah, yang diharapkan dapat diterapkan di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah. Begitu juga dengan pelaksanaan program mingguan bulanan dan tahunan semuanya dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan dimana semua jadwal sudah tersusun rapi dan ada yang penanggung jawab masing-masing. (4) Pengawasan dilakukan oleh pengawas internal dan eksternal, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta sesuai dengan instrumen pengawasan kegiatan baik instrumen monitoring dan evaluasi. Dampak manajemen pendidikan karakter tersebut dapat meningkatkan mutu madrasah melalui prestasi santri baik dalam bidang akademik maupun non akademik serta mendapatkan dukungan penuh dari wali santri.

ademik maupun non akademik serta mendapatkan dukungan penuh dari wali santri.


Keywords


Madrasah, Manajemen Pendidikan, Mutu Pendidikan, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Ali Riyadi. 2006. Politik Pendidikan menggugat Birokrasi Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Andarini, S.E., Imron Arifin, Ahmad Nurabadi. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(2): 238 – 244

Bambang SA, dan Rusdiana. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dharma, K. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fahroji, O. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter (Penelitian di SMP Islam Al-Azhar 11 Serang dan SMP Islam Terpadu Raudhatul Jannah Kota Cilegon). Jurnal Qathruna, 7(1): 66.

Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam Books, 1991, alihbahasa: Juma Abdu Wamaungo, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Rahman T, Siti M. 2019. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. 4 (1): 12.

Terry, G.R, L.W. Rue. 2019. Principles of management: Dasar-Dasar Manjemen, alihbahasa, G.A Ticoalu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter (Strategi Membangun Karakter Bangsa Peradaban). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widodo.H, Etyk.N. 2020. Manajemen Pendidikan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan menteri agama nomor 13 tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.1.p.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.