PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI PUSAT KEUNGGULAN DI KOTA DUMAI

Desrusnahwaty Saputri, David Charilsyah, Azhar Azhar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMK negeri pusat keunggulan di Kota Dumai. Untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SMK negeri pusat keunggulan di Kota Dumai. Serta untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja guru di SMK negeri pusat keunggulan di Kota Dumai. Tempat    penelitiannya adalah SMK Negeri 1 Dumai, Jalan Cut Nyak Dien dan SMK Negeri 2 Dumai, Jalan Bukit Datuk Lama No. 100. Waktu penulisan dilakukan selama 7 (tujuh) bulan, sejak Maret 2022 sampai September 2022. Pendekatan  penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Guru di SMK-SMK Pusat Keunggulan di Kota Dumai yaitu SMKN 1 Dumai sebanyak 38 orang  dan SMKN 2 Dumai sebanyak 67 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 84. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Diperoleh hasil penelitian untuk  Hipotesis pertama   persamaan regresi yang terbentuk menjadi Y = 55.217 + 0,587X1.  Hasil hipotesis kedua yaitu  Pengaruh Motivasi Kerja (X2) Terhadap Kinerja Guru (Y)diperoleh persamaan regresinya Y = 3.832  +  1.089 X2. Pengujian hipotesis ketiga yaitu Pengaruh Kepemimpinan Transformasional (X1)  dan Motivasi Kerja (X2) Terhadap Kinerja Guru (Y) didapatkan persamaan regresi yang terbentuk Y = 6.274+ 0.051 X1 +  1.113 X2. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut terdapat signifikan dan pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMK Negeri Pusat Keunggulan di Kota Dumai. Terdapat signifikan dan pengaruh motivasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri Pusat Keunggulan di Kota Dumai. Terdapat signifikan dan pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri Pusat Keunggulan di Kota Dumai.


Keywords


Transformasional, Motivasi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Dewi Putri Rezekiah, 2021. Pengaruh Transformational Leadership dan Motivasi terhadap Kinerja Guru SD di Al-Kautsar Kota Tangerang, dalam Jurnal Ketopong Pendidikan Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Pelita Harapan, Volume 1 Nomor 1, Juni 2021, 1–9 http://dx.doi.org/10.19166/jkp.v1i1.3553.

Marlina Lapalutu, 2016. Kinerja Guru Kejuruan, Deepublish, Yogyakarta.

Presiden RI. 2003. Undang-Undang No. 20 Tentang Pendidikan Nasional.

Sugiarto, Wahidin, Totok Amin Soefijanto, 2020. Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru smk negeri jakarta utara, dalam Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 4, no. 1, Mei 2020 IAIN Curup, Bengkulu.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung

g




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.1.p.86-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.