PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Mimi Amriza, Isjoni Isjoni, Daviq Chairilsyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SMA Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis berjumlah 109 responden, sampel penelitian sebanyak 86 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi, koefisien regresi, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik (X1) terhadap kepuasan kerja guru (Y) dengan koefisien determinan = (0,930)2x100 = 86,4 %. Terdapat juga pengaruh positif dan signifikan motivassi kerja (X2) dengan kepuasan kerja guru (Y) dengan koefisien determinan = (0,943)2x100 = 88,9%. Sedangkan pengaruh kompetensi pedagogik (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja guru (Y) memiliki koefisien determinasi sebesar r2y1.2 = (0,953)2x100 = 90,8 %. Kesimpulan dari variabel kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SMA Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis memiliki arah yang positif.


Keywords


Kompetensi Pedagogik, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. 2014. Psikologi Kerja. Cetakan keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta

Anwar Prabu Mangkunegara, 2008. Manajemen Sumber Daya manusia. Perusahaan. Bandung : Rosda.

Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Burhan, & Sauga. 2017. Peranan Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Visipena Journal, 8 (1), 59–69.

Danim, S., & Khairil. 2015. Profesi Kependidikan. Jakarta : Alfabeta.

Ekosusilo, M., & Soepardjo. 2014. Faktor dominan yang mempengaruhi motivasi kerja, kinerja, dan kepuasan kerja guru sma. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 134–143. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i2.4609

Suryana, S. 2020. Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14 (1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Wirawan. 2014. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi,

Aplikasi dan Penelitian. Edisi 1. Cetakan kedua. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.1.p.16-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.