PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN DUMAI KOTA
Abstract
Budaya organisasi dan lingkungan sekolah merupakan faktor kunci yang perlu diperhatikan dalam dunia pendidikan. Hal ini tentunya secara langsung akan meningkatkan kinerja dari guru dimana akan meningkatkan kualitas sekolah. SD Negeri di Kecamatan Dumai Kota dalam praktiknya telah menjalankan budaya organisasi dan mempersiapkan lingkungan sekolah yang kondusif, namun ternyata hal tersebut belum maksimal. Masih ditemukannya perilaku guru dalam menjalankan tugasnya yang belum mengikuti budaya yang ditetapkan serta masih banyaknya guru yang belum memperoleh sertifikat pendidik menjadi fenomena yang menarik untuk didiskusikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis stratistik deskriftif. Kuesioner disebarkan kepada 69 responden yang diharapkan mampu menjawab tujuan penelitian. Pengujian statistic dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh temuan bahwa budaya organisasi dan lingkungan kerja secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. Beberapa saran dalam penelitian diberikan untuk kepalasekolah, pengelola serta guru yang berguna bagi upaya meningkatkan kinerjanya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, D. (2020). E- Government Service Review In Dumai City Indonesia. Jurnal Niara, 13(1), 260–267.
C.R. Kothari. (2004). Research Methodology: Methods and techniques (2nd ed.). New Age International (P) Limited Publishers.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Hartono, B., & Siregar, M. (2022). Konsep Integrasi Pendidikan Islam dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 377–398. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2210
Immawati, I., Mustafa, M. N., & Natuna, D. A. (2022). Pengaruh Manajemen Layanan Dan Self Confidence Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling Di SMA Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 48–61.
Kaniawati, I. (2021). Pembelajaran STEM: Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Di Abad 21. Jurnal Majelis, 2(2), 167–182.
Khairinal, K., Rosmiati, R., & Javentdo, I. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru, Lingkungan Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 14 Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 443–457.
Mufajar, I., Isjoni, & Chairilsyah, D. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1).
Nikmah, Saputra, W., & Latif, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 1(1), 77–93.
Pandey, M. (2015). Research Methodology:Toola And Techniques (1st ed.). Bridge Center.
Riyanni. (2022). Peranan Penting Guru Indonesia Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Serta Tantangannya Pada Pembelajaran Abad 21. Universitas Lambung Mangkurat.
Syafira, D., Annisa, R. M., Syaroh, M., Sirait, M. H. R. B. ., & Saragih, B. A. (2022). Budaya Organisasi Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Medan Krio. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12288–12292.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.1.p.9-15
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.