SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Dian Ratna Suri

Abstract


Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau segala bantuan dari para pimpinan sekolah, yang tertuju pada perkembangan kepemimpinan guru-guru dan personal sekolah lainnnya dalam mencapai tujuan pendidikan. Supervisi ini berupa dorongan, bimbingan, dan kesempatam bagim pertumbuhan keahlian kecakapan guru-guru, seperti bimbingan dalam usaha dan pelaksanaan pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran, memilih alat-alat pelajaran dan metode mengajar yang lebih baik, cara penilaian yang sistematis terhadap tahapan seliruh proses pengajaran, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai koordinator dalam meningkatkan profesionalime guru dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi supervisi pendidikan di MTsN 1 Bengkalis. Penelitian ini. Penelitian ini memiliki batasan masalah supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, hasil penelitian menunjukkan tentang peran supervisi kepala sekolah a). peran supervisi kepala sekolah sebagai koordinator: penempatan tupoksi guru dengan tepat pada roster, pengarahan menggunakan alat pengeras suara setiap harinya, mengadakan diskusi secara bersama-sama antar guru dari berbagai bdiang, b) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam kegiatan supervisi oleh kepala sekolah menunjukkan bahwa: 1) pendukungnya data informasi yang cukup bahka, fasilitas guru yang memadai dan guru yang mudqha untuk diatur, 2) masih adanya guru-guru yang merasa takut dan bahkan menghindar ketika pelaksanaan kegiatan supervisi, faktor umur yang membuat pemahaman guru masih lamban, dan mengatur waktu yang masih sulit

Keywords


Supervisi Pendidikan, Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).

Berliani, Teti, Implentasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, diakses tanggal 30 juni 2021

Hamzah, Profesi Kependidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007),

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Raja Grafindo Prsada, 2007).

Lexy J, Moleong. Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Martamis,Yamin, Maisah, Standarisasi Kinerja Guru, (Jakarta: Gaung Persada, 2010).

Maryono, Dasar-dasar & Tekhnik Menjadi Supervisor Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011)

Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi pendidikan, (Jakarta: GP Press, 2009.

Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012).

Muslim,Sri Banun, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Profesionalisme Guru, (Bandung: Alfabeta, 2010).

Purwanto, Ngalim, 2012, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya).

Rugaiyah, Atiek Sismanti, Profesi Kependidikan, (Bogor: Galia Indonesia, 2011).

Sagala, Syaiful, 2008, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Albeta CV

Sahertian,Piet A., Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hal 2.

Soetopo,Hendyat, Wasty Soemanto, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Bina Aksara, 1988).

Syafaruddin,dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2006)

Tim Dosen Administrasi Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2008)

Vulandar, Rosyita, Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar tahun 2017, diakses tanggal 30 juni 2021

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran, (Bandung: Alfabeta, 2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.1.p.65-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.