PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS

Jufrizal Jufrizal, Daviq Chairilsyah, Dudung Burhanuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Untuk menganalisis signifikan atau tidaknya motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilator belakangi oleh tingkat kinerja guru yang diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya motivasi kerja dan displin kerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah guru Gugus I Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rupat yang berjumlah sebanyak 96 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan total sampling yang berjumlah 96 orang guru. Teknik pengumpulan data, yaitu dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan Terdapat pengaruh yang positif  dan signifikan motivasi kerja dan disiplin kerja  terhadap kinerja guru guru Gugus I Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rupat.

 


Keywords


motivasi kerja, dispilin kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Aisha, A. N., Hardjomidjojo, P., & Yassierli. 2018. Effects of Working Ability, Working Condition, Motivation and Incentive on Employees Multi-Dimensional Performance. International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 4 (6).

Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223-236.

Aritonang, Keke T. 2005. Kompensasi Kerja, Disiplin Kerja Guru dan Kinerja Guru SMP Kristen BPK PENABUR Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur - No.04 / Th.IV/ Juli 2005.

Hasibuan, M. 2011. Management Dasar, Pengertiam, dan Masalah, Jakarta: Rajawali.

Khoirunnisa, F. N., & Thomas, P. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi di SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo. Economic Education Analysis Journal, 4(1).

Salbiyah, S., & Mahardhika, B. W. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2016. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(02).

Usman, H. 2013. Manajemen teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan (Kedua),. Jakarta: Bumi.

Siska, A. J. 2017. Pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 1(02), 98-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.2.p.105-109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.