PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI MARTAPURA

Wini Widihastuti, Nila Kesumawati, Alhadi Yan Putra

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Martapura dengan responden 104 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas, serta data di analisis menggunakan teknik analisis parsial dan simultan dengan menggunakan uji korelasi, signifikansi, uji koefisian determinan, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 29,6% sedangkan 70,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk di dalam penelitian ini.


Keywords


Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Basri, H. (2014). Principal leadership. Bandung: Pustaka Setia.

Danang, S. (2012).Human Resource Management. Jakarta: Buku Seru.

Hapizoh., Harapan, E., dan Destiniar. (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 5 Nomor 2, Juli – Desember 2020. Halaman 168-174.

Hamali, A. Y. (2016). Strategi, pengertian manajemen sumber daya manusia: akademik, mengelola karyawan. Caps (Pusat Layanan Penerbitan Akademik).

Hendarman dan Rohanim. (2018). Kepala sekolah sebagai manajer teori dan praktik. Bandung: Rosdakarya Remaja.

Fahmi, A. (2014). HRD syariah: teori dan implementasi. Jakarta: Perpustakaan Gramedia.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2021). Statistik parametrik penelitian pendidikan. Palembang: Noer Fikri.

Kartini dan Kristiawan. M. (2019). Pengaruh tunjangan profesi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 6 Nomor 1, Januari 2019. Halaman 177-191.

Khan, M. A., Ismail, F. B., Hussain, A., & Alghazali, B. (2020). Interaksi gaya kepemimpinan, perilaku kerja inovatif, budaya lembaga, dan perilaku kewarganegaraan lembaga. SAGE Terbuka, 10(1). https://doi.org/ 10.1177/2158244019898264

Mardalena, Arafat, Y., dan Fitria, H.. (2020). Pengaruh supervisi akademik dan kompetensi profesi guru terhadap kinerja guru di sma negeri di kabupaten tanjung raja. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, Juni 2020. Halaman 103-114.

Mulyasa. (2017). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Rosdakarya Remaja

Noor, J. (2013). Research methodology. Jakarta: Kencana.

Pratiwiyanti, I. (2015). Pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di sd nergeri sekecamatan umbulharjo. Universitas Muhammadyah Yogyakarta.

Prayitno, W. (2016). Memahami analisis statistik data dengan spss. Yogyakarta: Mediakom.

Priansa, D. (2014). Kinerja dan profesionalisme guru. Bandung: Alpabeta.

Puspitasari, Y., Tobari., dan Kesumawati. N. (2020). Pengaruh manajemen kepala sekolah dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru.Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 3, Juni 2020. Halaman 102-117.

Ristiana, N. (2012). Pengaruh kompensasi, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru tidak tetap (GTT) di sd/mi kabupaten. Universitas Diponegoro Semarang.

Rivai, Veitzal. (2003). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: dari teori ke praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riduwan, (2007), Skala pengukuran variabel. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2014). Guru dan siswa dalam interaktif pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018a). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alpabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode penelitiannya kuatitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo. (2016). Perilaku lembaga, kepemimpinan & administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Yuliati, E.A. (2018). Transformational leadership of principals. Salatiga: Griya Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.2.p.164-176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.