PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP INTEGRITAS GURU SMP NEGERI KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

Yeni Frianti, Elfis Suanto, Erni Erni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif efikasi diri terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dan untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif motivasi kerja terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir serta untuk mengetahui pengaruh signifikan dan positif efikasi diri dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap integritas guru SMP Negeri Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai dari Maret 2022 sampai dengan Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional (correlational research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang ada di SMP Negeri Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah sebanyak 81 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan dengan teknik simple random sampling. Dari penghitungan diperoleh besarnya sampel penelitian sebanyak 68 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut untuk pengaruh efikasi diri terhadap integritas guru diperoleh R Square (r2) = 0,151 atau 15,5%,. Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Integritas Guru diperoleh R Square (r2) = 0,149 atau 14,9%, sedangkan untuk pengaruh efikasi diri dan motivasi kerja terhadap integritas guru diperoleh R Square (r2) = 0,216.Sehingga dapat disimpulkan  efikasi diri akan lebih baik untuk dirinya sendiri secara keseluruhan di tempat ia bekerja jika guru tersebut memiliki efikasi diri yang tinggi akan memberi pengaruh terhadap integritas guru. Motivasi kerja dorongan yang tumbuh dalam diri seseorang, baik yang berasal dari dalam dan luar dirinya untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Efikasi diri dan motivasi sangat dibutuhkan sehingga memberikan pengaruh terhadap integritas guru, untuk dapat tercapainya hal tersebut guru agar memiliki kesetiaan, ketaatan, tanggungjawab, kejujuran, kerjasama, dan   prakarsa. Artinya semakin baik efikasi diri dan motivasi maka akan semakin baik integritas guru dalam menjalankan tugasnya.

 


Keywords


Efikasi, Motivasi, Integritas

Full Text:

PDF

References


Alwisol. 2016. Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.

Djohan. 2018. 6 Pilar Manajemen Perubahan. Cetakan Kedua. Malang: Media Nusa Creative.

Fitria, I, J. 2020. Prinsip Dasar dan Aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan. Jakarta : Salemba.

Gostick, A dan Telford, D. 2016. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ninoersy, T. 2015. Integritas Pendidik Profesional dalam Tinjauan Al-Qur’an. Jurnal Edukasi, 1(2), 113-135.

Putra, K, H. 2020. Penelitian Pendidikan Prosedur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rais, H, E. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Pelatihan. Bandung: ustaka Pelajar.

Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Ristika, S. 2015. Analisis Efikasi Diri (Self-Efficacy) Dan Motivasi Terhadap Integritas Guru.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2013. Organizational Behavior, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.2.p.178-189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.