IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMAN SUMATERA SELATAN

Muhammad Amiruddin, Nur Ahyani, Mahasir Mahasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Deskripsi implementasi Program sekolah penggerak; 2) Deskripsi faktor pendukung dan penghambat implementasi program sekolah penggerak; 3) Deskripsi dampak program sekolah penggerak terhadap peningkatan kualitas Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN Sumsel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi lapangan dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengungkap bahwa 1) Implementasi Program Sekolah Penggerak melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan; 2) faktor pendukung berupa kesiapan Sekolah menjadi sekolah penggerak dan faktor penghambat berupa kurangnya pemahaman guru dalam menjalankan program; 3) Dampak dari program yaitu meningkatnya partisipasi aktif siswa, meningkatnya nalar kritis, hasil karya innovative melalui projek P5 dan pembelajaran berbasis project yang bermakna. Kesimpulan, bahwa dampak implementasi sekolah penggerak dalam peningkatan kualitas Pendidikan di SMAN Sumsel yaitu peningkatan motivasi dan partisipasi belajar, meningkatnya kemampuan berfikir kritis, kreativitas melalui karya innovative, kemampuan sosial dan emosional siswa, Student centered dalam pembelajaran, fleksibelitas waktu pembelajaran dan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan tipe belajar siswa

Keywords


Education, School Mover, Education Quality

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.11.2.p.203-212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.