MANAJEMEN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI DI MAS AR-HANAFI LUENGSA ACEH TIMUR

Genta Sura, Syahrizal Syahrizal, Zainuddin Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur adalah dengan mengadakan rapat bersama komite madrasah, orang tua dan dewan guru untuk menyikapi proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 salah satunya yaitu penerapan pembelajaran secara daring (pemanfaatan media teknologi), nomor hp siswa dan orang tua serta membentuk kelompok belajar. Pelaksanaan guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur adalah dengan menyusun jadwal proses pelaksanaan, proses pembelajaran (roster), memfasilitasi kebutuhan guru berupa media alat pembelajaran seperti pemahaman aplikasi whatsapp, wifi, komputer, infokus dan lain-lain yang dibutuhkan. Evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur diantaranya menyiapkan blangko penilaian, membuat instrumen penilaian, memeriksa seluruh administrasi guru dalam proses pembelajaran daring, memeriksa alat media sebagai alat komunikasi, melihat dan menilai dokumentasi hasil kegiatan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19.


Keywords


Manajemen Guru; Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ernie, Trisnawati Sule. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Lexy. J. Moleong. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny SaldaƱa. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Munawar. (2021). Manfaat Pembelajaran Daring. Jakarta: Rinneka Cipta.

Nur Hidayah. (2021). Pentingnya Pembelajaran Daring. Jakarta: Erlangga.

Suharismi Arikunto. (1995). Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto.

Suprihanto. (1988). Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Syafaruddin Irwan Nasution. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta, Quantum Teaching.

Syafni Ermayulis. (2022). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.17-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.