PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP TINGKAT KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA BANDUNG

Reizahra Diannisa, Badrudin Badrudin, Wahyu Hidayat

Abstract


Manajemen kesiswaan memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam membentuk Perilaku disiplin di sekolah, hal ini dikarenakan manajemen kesiswaan merupakan pengendali dari berbagai kegiatan siswa salah satunyaadalah mengenai pembinaan kedisiplinan karena kedisiplinan menjadi salah satu tolak ukur dari keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui realitas manajemen kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung; 2) Untuk mengetahui realitas kedisiplinan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung; 3) Untuk mengetahui pengaruh manajemen kesiswaan terhadap kedisiplinan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis regresi. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji normalitas, analisis korelasi, uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinan). Berdasarkan hasil dari analisis data kualitas manajemen kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung berada pada kualifikasi “cukup” dengan nilai rata-rata 3,31. Sedangkan hasil analisis data kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Bandung berada pada kualifikasi “tinggi” dengan nilai rata-rata 3,61. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas manajemen kesiswaan terhadap kedisiplinan peserta didik sebesar 14% dan sisanya 86% dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya yang tidak diteliti.

Keywords


Manajemen Kesiswaan; Kedisiplinan; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2015). Urgensi Disiplin Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 19-20.

Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021 Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan ‎Kompetensi Profesional. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 55-62.

Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Prasetya, S. (2016). Pengaruh Disiplin Tata Tertib Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Eksekutif, 13(2), 249–263

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.32-37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.