PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI DI SD BAPTIS PALEMBANG)

Mike Patricia, Tri Widayatsih, Meilia Rosani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Peran guru dalam perencananaan penggunaan media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik; (2) Peran guru dalam perencananaan penggunaan media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik; (3) Peran guru dalam pengawasan penggunaan media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Baptis Palembang dengan partisipan Kepala Sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Manajemen penggunaan media pembelajaran (1) Perencanaan, guru membuat perangkat pembelajaran seperti RPP dan mengembangkan perangkat pembelajaran, guru menentukan media pembelajaran sesuai RPP dan materi; (2) Pelaksanaan, guru mempersiapkan pemilihan media pembelajaran seperti alat peraga, media visual dan audio visual, guru memotivasi belajar peserta didik dengan penggunaan media dan memperhatikan faktor pendukung dan penghambat; (3) Pengawasan, dilakukan pengawasan secara internal dan ekternal.

Keywords


Peran Guru; Media Pembelajaran; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

B. Uno, H. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri Djamarah, S. (2018). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kristiawan, M., Sfitri, D., & Lestari, R. (2018). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Marlina, Wahab, A., Ramadama, & Indianasari. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Marlina, Wahab, A., Susidamaiyanti, & Ramadana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad zAINI.

Mulyasa, H. E. (2018). Menjadi Guru Profesional . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, M. (2019). Guru Profesional Dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.

Syafril, & Zen, Z. (2018). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: KENCANA.

Suryani, N., & Setiawan, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Surakarta: ROSDA.

Uno, H. B. (2022). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayatsih, T. (2023). Manajemen Praktik Unit Produksi. Noer Fikri Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.64-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.