PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN INDERALAYA UTARA SUMATERA SELATAN

Muhammad Asri, Muhammad Kristiawan, Destiniar Destiniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan (1) Menganalisis pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara; (2) Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara; dan (3) Menganalisis pengaruh secara bersama antara keterampilan manajerial dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Se-kecamatan Inderalaya Utara dengan responden 107 Guru. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi.Uji validitas menggunakan Validitas Konstruksi dan Analisis Faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbachh’s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas serta data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 29,7%. (2) Terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 28,7%. (3) Terdapat Keterampilan Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru sebesar 30,9%.


Keywords


Keterampilan Manajerial; Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Darwin, M., Reynelda, M., Salman, M., Sormin, A., Hardi, Y. N., & Sylvia, T. D. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Denim, S. (2018). Kepemimpinan Efektif: Teori, Penelitian & Praktik. Jakarta: Republika.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Duwi, P. (2018). SPSS, Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: PT. Terbit Anka.

Dwi, P. (2018). Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: Bumi Aksara.

Eliyah, E., & Tamam, B. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri. Edum Journal, 2(1), 15–27.

Faqia, M. (2021). Pengaruh Keterampilan Manjerila Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo. Palopo: Skripsi IAIN Palopo.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kande. (2018). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama

Kesumawati, N., & Ichwan, A. (2023). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan (Cetakan V). Palembang: NoerFikri.

Machali, I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: FKIP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohiat. (2020). Manajemen Sekolah. Bandung: PT Rafika Aditama.

Rohiyat. (2020). Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Wahyuningrum. (2018). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional. Bandung: PT. Refika Aditama




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jmp.12.1.p.105-117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.